Satpol PP Pamekasan dan Bea Cukai Madura Gelar Operasi Gabungan Cegah Peredaran Rokok Ilegal

0 Komentar
Reporter : Mohammad Fahmi
Foto: Satpol PP dan Damkar Pamekasan saat menyosialisasikan larangan jual beli rokok ilegal.

Foto: Satpol PP dan Damkar Pamekasan saat menyosialisasikan larangan jual beli rokok ilegal.

PAMEKASAN, (WARTA ZONE) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pamekasan bekerja sama dengan Bea Cukai Madura dan Tim Gabungan melaksanakan operasi barang kena cukai di sejumlah toko di 13 Kecamatan di Kabupaten Pamekasan. Rabu (26/06/24).

Operasi ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberantas peredaran barang kena cukai ilegal di Kabupaten Gerbang Salam Madura. Selain itu, operasi gabungan yang melibatkan Bea Cukai Madura, Polri, Kejaksaan, dan Satpol PP Damkar Pamekasan ini bertujuan untuk penegakan hukum sesuai dengan UU No 39 Tahun 2007 tentang Cukai.

Baca Juga:  Satpol PP Pamekasan Tertibkan Puluhan Reklame Tak Berizin

M. Hasanurrahman, Kabid Penegakan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Kabupaten Pamekasan, menjelaskan bahwa operasi kali ini menyasar berbagai lokasi seperti toko, pasar, terminal, jasa pengiriman, pelabuhan, serta rumah atau gudang yang diduga memproduksi rokok ilegal.

“Kami melakukan operasi bersama anggota Satpol PP dan Damkar di setiap toko dan warung kelontong,” terangnya.

Selain melakukan penertiban, operasi ini juga bertujuan untuk edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak memperjualbelikan rokok ilegal atau barang kena cukai ilegal.

“Operasi ini dilakukan juga sebagai edukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat luas agar membudayakan peredaran rokok legal”, jelas Hasanurrahman.

Baca Juga:  Usai Sosialisasi, Bulan Ini Satpol PP Sumenep Bersama Tim Gabungan Gencarkan Penyitaan Rokok Ilegal

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa selain merugikan negara, pengedar atau penjual rokok ilegal juga termasuk melakukan pelanggaran yang dapat berpotensi sebagai pelanggaran pidana.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan adanya operasi ini masyarakat di Kabupaten Pamekasan tidak lagi memperjual belikan rokok ilegal, ayo kita budayakan peredaran rokok legal, stop jual beli rokok ilegal” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment