Momentum Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-754, Bupati Fauzi Pamer Penurunan Angka Kemiskinan

0 Komentar
Reporter : Panji Agira

Foto: Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo, saat menyampaikan sambutan upacara Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-754, di lapangan Adirasa PT. Garam Persero Kota Tua Kecamatan Kalianget. Selasa (31 Oktober 2023).

SUMENEP, (WARTA ZONE) – “Matahari terbit dari timur, tenggelamnya di sebelah barat, upacara memang harus berjemur, tapi insyaallah kita tetap sehat” begitulah pantun yang disampaikan Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo saat mengawali sambutan dalam upacara Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-754.

Upacara Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-754 yang mengangkat tema Sumenep Masa Kejayaan, digelar di lapangan Adirasa PT. Garam Persero Kota Tua Kecamatan Kalianget. Selasa (31 Oktober 2023).

Selain menceritakan kekuatan besar Arya Wiraraja sebagai raja pertama di Sumenep yang disegani, dalam kesempatan tersebut Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo memamerkan capaian penurunan angka kemiskinan, keberhasilan menekan angka pengangguran terbuka hingga prestasi IDM dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data yang disampaikan Bupati Cak Fauzi, tahun 2021 angka kemiskinan kabupaten Sumenep 20,55 persen, di tahun 2022 berhasil ditekan menjadi 18,76 persen.

Baca Juga:  Hari Jadi Sumenep ke-754, Pawai Kereta Kencana Meriahkan Prosesi Pelantikan Arya Wiraraja di Kota Tua Kalianget

Begitu juga dengan angka pengangguran terbuka, dari 2,31 persen di tahun 2021 menjadi 1,36 persen di tahun berikutnya.

Sementara itu, untuk pertumbuhan ekonomi di kota berjuluk kota keris itu, dari angka 3,01 persen di tahun 2021 menjadi 5,02 persen di tahun 2022 pancapandemi covid-19.

“Prestasi ini bukan hal yang biasa, penuh usa dan kerjasama seluruh stakeholder di Kabupaten Sumenep,” paparnya.

Tak cukup sampai di situ, orang nomor satu di Sumenep itu juga memamerkan capaian menaikkan angka indeks pembangunan manusia (IDM), saat ini mencapai 68,87 persen dari yang sebelumnya 68,07 persen.

Baca Juga:  Sasar Posisi Kepala Sekolah di Mutasi Jilid Pertama, Bupati Sumenep: Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan

“Kita terus bersama-sama dalam proses pentahelix untuk terus mendorong agar Kabupaten Sumenep lebih maju,” sebut suami Nia Kurnia Fauzi. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment