Yuk Ketahui Manfaat Buah Kurma yang Identik Dikonsumsi pada Bulan Ramadan

0 Komentar
Reporter : Helmy

ilustrasi kurma. plotshnete.net

WARTA ZONE – Bulan suci Ramadan 1444 H kini tinggal menghitung hari, dan umat Islam di berbagai belahan dunia berantusias menyambutnya.

Jika masuk bulan Ramadan, salah satu menu yang tak lepas untuk dijadikan menu buka puasa adalah buah kurma. Buah yang banyak tumbuh di Timur Tengah itu ternyata memiliki nama latin dengan sebutan Phoenix Dactylifera.

Rasanya yang manis dengan tekstur daging kadang coklat kemerahan menjadi ciri khas tersendiri bagi buah kurma. Hal itu tidak lepas dari kandungan gula, protein, kandungan mineral di dalamnya yang didominasi oleh kalium serta gula tama (glokusa dan fruktosa) dan beberapa kandungan lainnya membuat buah tersebut kaya akan gizi.

Baca Juga:  Resep Risoles Ragout Sayur, Masakan Viral dan Cocok Dicoba untuk Buka Puasa

Dan salah satu sunah berbuka puasa dengan mengonsumsi sesuatu yang manis telah dijelaskan dalam salah satu hadist nabi.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud disebutkan bahwa ketika nabi hendak berbuka puasa, beliau mengonsumsi buah kurma yang matang. Berikut isi hadistnya:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ
“biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air” (HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud).

Namun tahukah anda kandungan apa saja yang terdapat dalam buah kurma sehingga buah yang banyak tumbuh di Timur Tengah itu menjadi salah satu buah yang dikonsumsi oleh nabi saat berbuka puasa.

Baca Juga:  Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim, Cara ISNU Pusat Peringati Nuzulul Quran

Salah satu manfaat buah kurma ialah mencukupi gizi dalam tubuh. Berikut salah satu khasiat buah kurma yang perlu anda ketahui:

1. Mencukupi kebutuhan gizi dan kaloriS

Salah satu kandungan dalam buah kurma yang baik untuk tubuh adalah kandungan kalori yang tinggi dalam buah tersebut. Selain itu buah kurma juga mengandung vitamin serta mineral yang tinggi yang sangat cocok untuk tubuh.

2. Menstabilkan gula darah

Manfaat lain yang terkandung dalam buah kurma ialah bisa menstabilkan gula darah dalam tubuh seseorang.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Tampung Aspirasi Warga Talango dalam Program 2024

Hal itu tidak lepas dari rasa manis yang terdapat dalam buah tersebut yang juga berguna sebagai pengganti gula putih.

Selain manfaat di atas, buah kurma ternyata juga dikabarkan bisa memperbaiki kesehatan dan mengatur gula darah.

3. Meningkatkan kesuburan

Kandungan mineral dan vitamin dalam buah kurma ternyata siapa sangka bahwa buah tersebut juga terdapat amino dan seng dalam buah itu. Selain itu buah kurma juga dipercaya meningkatkan masalah kesuburan. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment