Bantuan Jatim Puspa untuk 37 KPM Desa Jebung Lor Bondowoso

0 Komentar
Reporter : Miftahul Qodril Ramadhan
Bantuan Jatim Puspa untuk 37 KPM Desa Jebung Lor Bondowoso

Foto: Kepala DPMD Bondowoso saat sambutan pada penyerahan barang Jatim Puspa di Balai Desa Jebung Lor, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso pada hari Selasa (13/09/2022).

BONDOWOSO, (WARTA ZONE) – Dalam rangka merealisasikan program Puspa Tahun 2022, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Bondowoso gelar penyerahan barang untuk para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Jebung Lor, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bondowoso Haeriyah Yulianti, Kepala Desa Jebung Lor Daniel Andre Tanoko, Iptu Suyanto, beserta Camat Tlogosari Hendrik Feri.

Dalam sambutannya, Kepala DPMD Bondowoso mengatakan bahwa tidak semua warga bisa menerima bantuan pada tahap ini melainkan hanya warga yang namanya terdata dalam Penerima Keluarga Harapan (PKH) saja.

Baca Juga:  Pj Bupati Bondowoso Serahkan Bantuan Benih Padi Varietas Inpari 32

“Tidak semua warga bisa menerima bantuan ini tapi hanya khusus untuk yang terdata sebagai penerima PKH,” kata Khairiyah Selasa, (13/9/2022).

Perempuan yang akrab disapa Bunda itu juga menjelaskan tujuan bantuan yang diberikan Gubernur Jawa Timur adalah untuk memberikan modal usaha untuk penerima KPM.

Sehingga bantuan yang diberikan disesuaikan dengan usaha yang dijalankan KPM seperti kompor untuk penjual gorengan, kulkas untuk penjual es dan alat kukus kue untuk para penjual kue.

“Tujuan Gubernur Jawa timur memberikan bantuan adalah untuk modal usaha,” terangnya.

Baca Juga:  Permudah Akses Warga, Kades Cindogo Bondowoso Buka Jalan Menuju Makam

Tak hanya itu, Kepala Dinas DPMD Bondowoso yang baru saja ulang tahun juga mengatakan bahwa total penerima bantuan di Desa Jebung Lor terdapat 37 orang. Namun dari data sebanyak itu 2 di antaranya telah meninggal dunia.

“Semua jumlahnya 37 KPM,” imbuhnya.

Kadis DPMD itu berharap masyarakat bisa menggunakan bantuan itu dengan sebaik-baiknya dan tidak menjualnya barang bantuan, melainkan hasil usaha yang didapat dari bantuan peralatan itu.

“Jadi yang di jual jualannya bukan alatnya” pungkasnya.

Sekadar informasi bahwa Puspa Jatim ini dilaksanakan setiap tahun dan pada tahun ini DPMD Bondowoso mengajukan 20 Desa.

Baca Juga:  Komisi IV DPRD Bondowoso Panggil DPMD, Buntut Pemecatan Enam Perangkat Desa Tanggulangin

Namun dari 20 desa di seluruh Kabupaten Bondowoso hanya 8 Desa yang masuk daftar penerima bantuan Puspa Jatim yang di antaranya adalah: Desa Brambang Darussalam dan Desa Jebung Lor, Kecamatan Tlogosari, Desa Pecalongan, Kecamatan Sukosari, Desa Pengarang, Kecamatan Jambesari Darusholla, Desa Bercak Asri dan Desa Kaladi, Kecamatan Cermee, Desa Walidono, Kecamatan Prajekan, serta Desa Gading Sari, Kecamatan Pakem. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment