Pj Bupati Bondowoso Serahkan Bantuan Benih Padi Varietas Inpari 32

0 Komentar
Reporter : Slamet Wahyudi
Foto: Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, saat memberikan sambutan penyerahan bantuan bibit padi varietas Inpari 32 kepada Kelompok tani di 5 Kecamatan.

Foto: Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, saat memberikan sambutan penyerahan bantuan bibit padi varietas Inpari 32 kepada Kelompok tani di 5 Kecamatan.

BONDOWOSO, (WARTA ZONE) – Sebagai upaya menjadikan Kabupaten Bondowoso agar menyandang kategori Lumbung Padi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso memberikan bantuan benih padi varietas Inpari 32 kepada Kelompok tani di 5 Kecamatan.

Penyerahan bantuan benih padi itu diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto di Kantor Camat Wonosari, Kamis (28/3/2024).

Menurut Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto mengatakan, bantuan benih padi varietas Inpari adalah sebagai bentuk upaya Pemkab Bondowoso untuk menjadikan Kabupaten Bondowoso sebagai lumbung Padi.

Baca Juga:  Tanam Ribuan Pohon Pisang Cavendish, Bupati Bondowoso Targetkan Tembus Pasar Mancanegara

Selain itu, penyerahan bantuan benih padi varietas Inpari merupakan langkah awal pemerintah untuk memberikan ruang kepada para Petani agar bisa menjadikan perekonomian masyarakat lebih sejahtera.

Seperti diketahui, untuk para kelompok tani yang menerima bantuan benih padi varietas Inpari tersebar di Kecamatan Sumber Wringin, Wonosari, Sukosari, Binakal dan Kecamatan Klabang.

Untuk jumlah benih bibit yang disalurkan “sebanyak 25 Ton yang diperuntukkan untuk lahan seluas 1.000 Hektare,” terangnya.

Kualitas Inpari 32 sendiri, merupakan benih yang bisa diunggulkan dalam segi tekstur rasa punel, dengan kelebihan umur padi lebih pendek, yaitu 120 hari setelah tanam.

Baca Juga:  Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Bondowoso Ikuti Zoom Meeting dengan Gubernur Jatim

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian, Hendry Widitono, menjelaskan, Bondowoso saat ini memang telah menyandang kategori Lumbung Pangan, apabila penyaluran bibit padi varietas Inpari ini sukses dan tersebar luas. Maka Kabupaten Bondowoso yang telah menjadi lumbung pangan lebih maksimal lagi.

“Kabupaten Bondowoso memang sudah menyandang kategori Lumbung pangan, dimana Kabupaten Bondowoso mensupport di bahan pangan di sejumlah Kabupaten di luar Bondowoso,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment