Sering Merasa Sakit di Bagian Payudara, Mungkinkah itu Gelajala Kanker?

0 Komentar
Reporter : Helmy
Sering Merasa Sakit di Bagian Payudara, Mungkinkah itu Gelajala Kanker Payudara_

Salah satu penyebab datangnya kanker payudara adalah tidak normalnya sel yang berkembang dalam payudara, sehingga menumpuk dan menjadi benjolan. (Sumber: Hellosehat.com)

WARTA ZONE – Banyak hal yang menjadi tanda datangnya kanker payudara, termasuk salah satunya adalah sering merasa nyeri atau sakit di area sekitar payudara.

Tapi, apakah rasa nyeri atau sakit di sekitar payudara termasuk pada bagian penyebab datangnya penyakit kanker payudara? Lantas apakah ada hal lain yang memicu rasa nyeri pada bagian tubuh sensitif wanita itu?

Jika anda merasa nyeri atau sakit di bagian payudara tidak perlu risau, sebab besar kemungkinan itu bukan gelaja datangnya kanker.

Berdasarkan keterangan dari University of Utah Health Hospitals and Clinics yang dikutip oleh kompas.com, hal itu lazimnya disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita apalagi yang masih dalam usia produktif.

Akibat naik turunnya hormon pada wanita usia produktif itu bisa terjadi disepanjang bulan.

Dan kondisi seperti ini biasanya datang sebelum masa mentruasi atau di awal kehamilan.

Alasan kedua payudara nyeri bisa dikarenakan oleh benturan, cedera ringan, atau tertindih sewaktu tidur.

Selain itu bagi ibu menyusui, payudara nyeri dapat timbul karena faktor infeksi dan faktor ini sering terjadi pada seorang ibu dan jarang dirasakan oleh wanita usia subur.

Adapun penyebab kanker payudara, umumnya terjadi apabila sel-sel di dalam payudara berkembang tidak normal. Akibatnya sel-sel tersebut bertumpuk dan menjadi benjolan, menyebar ke jaringan yang sehat, kelenjar getah bening, atau pada organ lainnya.

Pada laman alodokter.com masih belum ditemukan secara pasti apa penyebab kanker payudara. Namun besar dugaan itu bisa terjadi karena faktor gaya hidup, genetik, serta lingkungan. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment