RSUD Sumenep Selalu Upgrade Pelayanan, Kini Miliki Alat Mammogram Untuk Deteksi Kanker Payudara

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
FOTO: Dokter spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad, saat menunjukan mammogram, alat tes pemindaian untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan sinar-X. (Ist/wartazone.com)

FOTO: Dokter spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad, saat menunjukan mammogram, alat tes pemindaian untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan sinar-X. (Ist/wartazone.com)

SUMENEP, (WARTA ZONE) – RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep merupakan salah satu rumah sakit terbesar yang ada di Kabupaten Sumenep. Sebagai rumah sakit besar dan milik pemerintah, tentu ada harapan besar dari masyarakat agar RSUD kebanggaan Sumenep ini selalu upgrade pelayanan baik secara SDM maupun alat kesehatan.

Hal itu agar pelayanan kesehatan di RSUD Sumenep makin lengkap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menjawab hal tersebut, Rumah Sakit Daerah yang terletak di Jl Dr. Cipto, Kolor kecamatan Kota Sumenep itu kini menghadirkan alat baru, namanya mammogram. Lalu apa kegunaannya untuk pemeriksaan pasien?

Baca Juga:  Hore! Listrik Pulau Giliraja Akan Nyala Sampai Pagi

Dokter spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad menyampaikan bahwa Mammografi atau mammogram adalah tes pemindaian untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan sinar-X.

“Pemeriksaan medis melalui alat mammografi digunakan untuk memeriksa atau mendeteksi lebih lanjut apakah pada payudara pasien terjadi kelainan atau tidak,” jelas dokter Azis.

Sehingga menurutnya, dengan pemeriksaan melalui mammografi, bisa segera diketahui apakah pada payudara pasien ada tumor, kanker, kista, penumpukkan kalsium, atau kelainan lainnya pada jaringan payudara.

“Apabila ditambah pemeriksaan dengan alat lain seperti USG yang kita miliki, maka diagnosis akan semakin akurat,” lanjutnya.

Baca Juga:  Aksi Pungut Sampah di Pantai Matahari Lobuk, Kades Saleh: kami berharap ada program tindak lanjut

Karenanya, dokter Azis menghimbau agar masyarakat segera memeriksakan diri ke Rumah Saki apabila dirasakan ada kelainan pada payudaranya.

“Makin dini pemeriksaan maka makin mudah pengobatan, juga angka kesuksesan terapi akan makin besar. Sebaliknya apabila telat, maka penyakit akan sulit disembuhkan,” pungkas dokter yang juga ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumenep itu.

Sementara itu, Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Erfin Sukayati, M.Kes berharap ke depan rumah sakit dibawah kepemimpinan dokter Erliyati itu dapat terus meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan inovasi dan layanan-layanan terbaru dan terbaik untuk masyarakat.

Baca Juga:  Pergantian Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sumenep Tuai Polemik

“Do’akan rumah sakit ini terus dapat menghadirkan yang terbaik untuk masyarakat. Tentunya dalam hal ini dukungan, kritik dan saran dari masyarakat sangat membantu dalam proses menjadikan rumah sakit ini menjadi yang terbaik di Sumenep,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment