Hati-Hati!, Modus Penipuan Catut Nama Bupati Sumenep

0 Komentar
Reporter : Ajie Putra
Modus penipuan lewat pesan WhatsApp. (Foto:Ilustrasi)

Modus penipuan lewat pesan WhatsApp. (Foto:Ilustrasi)

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Pencatutan nama Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi kembali terjadi. Kali ini, oknum tak bertanggungjawab itu mengatasnamakan Bupati Sumenep. Modusnya, pelaku mengiming-imingi calon korbannya dengan bantuan berupa donasi.

Diketahui, mula-mula si penipu menyapa calon korban dengan salam melalui salah satu aplikasi perpesanan (WhatsApp). Setelah dijawab, si penipu kemudian memperkenalkan diri sebagai Achmad Fauzi, Bupati Sumenep.

Setelah itu, si penipu menyampaikan jika pihaknya akan memberikan bantuan yang sifatnya pribadi ke berbagai yayasan. Selanjutnya ia meminta foto dan nomor rekening yayasan.

Baca Juga:  Doorprize Vaksinasi Covid-19, Tiga Orang Ini Dapat Hadiah Motor dari Pemkab Sumenep

Untuk lebih meyakinkan calon korbannya, oknum yang mencatut nama orang nomor satu di Sumenep itu memasang foto Bupati Fauzi sebagai foto profilnya.

Saat dikonfirmasi, Bupati Fauzi mengaku sudah mengetahui bahwa ada yang telah mencatut namanya. Pasalnya sudah banyak pihak yang bertanya langsung mengenai kebenaran adanya “donasi untuk yayasan” dari dirinya tersebut.

“Dari tadi sudah banyak yang bertanya. Saya pastikan itu bukan dari saya. Nomor WA yang dipakai itu juga bukan nomor WA saya,” tegas Bupati Fauzi, Jumat (2 Juli 2021).

Baca Juga:  Bupati Fauzi Ajak Kiai dan Santri Bergandeng Tangan, Bersama Pulihkan Sumenep dari Pandemi

Untuk itu, politisi muda PDI Perjuangan Sumenep itu mengimbau masyarakat, termasuk para pengurus yayasan agar tidak langsung percaya jika ada pihak-pihak yang berkirim pesan mengatasnamakan dirinya.

“Karena kejadian seperti ini bukan kali ini saja. Beberapa waktu lalu, nama saya juga ada yang mencatut. Besar kemungkinan sebagai modus untuk menipu,” tegasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment