Ternyata Bahan Dapur Ini Bisa Mengatasi Masalah Kewanitaan

0 Komentar
Reporter : Helmy
Ternyata Bahan Dapur Ini Bisa Mengatasi Masalah Kewanitaan

Foto: Jahe, salah satu rempah yang banyak memilili manfaat salah satunya mengatasi masalah kewanitaan. (Sumber: Getty Image)

WARTA ZONE – Jahe merupakan salah satu bahan rempah di dapur yang tak kalah sangat dibutuhkannya untuk berbagai kebutuhan.

Akan tetapi, tahukah anda bahwa ternyata selain bisa digunakan untuk menghangatkan badan jahe juga memiliki manfaat untuk mengatasi penuaan hingga kanker.

Sebelum masuk lebih dalam, mari kita ketahui asal muasal jahe yang kini banyak ditemukan di Indonesia. Dalam keterangan Wikipedia jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional.

Baca Juga:  Manfaat Buah Mentimun yang Tidak Banyak Orang Mengetahuinya

Rempah dengan rasa dominan pedas ini disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron di dalamnya. Selain itu jahe juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin D, vitamin B12.

Berikut manfaat jahe untuk kesehatan tubuh:
1. Meredakan nyeri haid
Manfaat jahe yang pertama ialah bisa mengatasi masalah kewanitaan yang disebabkan ketika minstruasi.

Dalam laman halodoc.com dijelaskan bahwa berdasarkan penelitian masalah kewanitaan seperti rasa nyeri ketika minstruasi bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe.

Jika anda penasaran cobalah meminum air jahe sebanyak empat gelas selama dua hari awal permulaan minstruasi. Rasa nyari karena haid akan hilang oleh efek ramuan air jahe yang telah dikonsumsi.

Baca Juga:  Manfaat Daun Singkong, Salah Satunya Bisa Mengobati Luka

2. Memperkuat imun
Dalam kandungnya, dalam jahe terdapat kalsium, zat besi, dan natrium. Salah satu di dalamnya juga terdapat vitamin C dan magnesium. Dua kandungan seperti yang disebutkan memiliki manfaat untuk memperkuat imun dalam tubuh.

Selain kandungan di atas kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones juga bermafaat untuk tubuh karena bisa berfungsi antioksidan untuk tubuh.

3. Meredakan batuk
Manfaat jahe selanjutnya ialah dapat meredakan batuk. Dikutip dari katadata.co.id dalam studi “American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology” menyimpulkan, beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara sehingga meredakan batuk.

Baca Juga:  Jangan Sepelekan Singkong, Jenis Umbi-umbian Ini Bisa Atasi Masalah Kesuburan

Masalah lain seperti iritasi tenggorokan dan  paru-paru dapat diredakan dengan adanya obat herbal seperti jahe. Agar mendapat hasil yang mekasimal konsumsilah air jahe hangat secara rutin, anda juga dapat menambahkan beberapa sendok madu asli untuk khasiat dan kenikmatan rasa obat herbal dari jahe. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment