Selain Mengandung Nutrisi, Ternyata Ini Sejumlah Manfaat Buah Semangka

0 Komentar
Reporter : Helmy

Foto: Manfaat semangka salah satunya bisa mengatasi masalah dehidrasi. (iStockphoto/DeeNida).

WARTA ZONE – Buah Semangka merupakan salah satu buah yang banyak mengandung mineral. Dan dikenal sebagai buah yang bisa mengatasi masalah dehidrasi karena kandungan mineralnya yang tinggi.

Siapa sangka bahwa buah semangka yang sering kita temui itu ternyata asal muasalnya bukanlah dari Indonesia, melainkan dari belahan dunia yang sangat jauh tepatnya berasal dari daerah bagian Afrika Selatan.

Buah semangka yang banyak mengandung air itu juga kaya akan sejumlah vitamin yang terkandung di dalamnya. Dari sejumlah kandungan tersebut, Vitamin D, Vitamin B6, dan Vitamin B12 terdapat dalam buah semangka.

Baca Juga:  Kiat Menjaga Kesehatan Menjelang Bulan Ramadhan

Adapun kandungan lain seperti zat besi, magnesium, dan kalsium juga memperkaya akan kandungan gizi dalam buah semangka. Dari berbagai kandungan gizi yang terdapat dalam semangka, ternyata buah tersebut memiliki sejumlah manfaat.

Dari beberapa manfaat yang terdapat dalam semangka, salah satunya adalah dapat mencegah dehidrasi serta menurunkan risiko kanker. Berikut sejumlah manfaat buah semangka yang wartazone.com himpun dari berbagai sumber.

1. Membantu hidrasi tubuh
Ada berbagai cara untuk mengatasi hidrasi dalam tubuh, termasuk di antaranya adalah meminum air. Berdasarkan keterangan dalam laman klikdokter.com dijelaskan, bahwa selain meminum air mengonsumsi sesuatu yang banyak mengandung mineral juga bisa mengatasi hidrasi dalam tubuh.

Baca Juga:  Mengenal Buah Tomat, Jenis Sayur Yang Memiliki Sejumlah Kandungan Manfaat di Dalamnya

Dan semangka termasuk di dalamnya karena buah itu mengandung 92 persen air di dalamnya. Sehingga dengan adanya jumlah kandungan air sebanyak itu, mengonsumsi buah semangka bisa menurunkan dehidrasi dakam tubuh.

2. Menurunkan resiko kanker
Siapa sangka buah semangka yang sering kita temui di toko buah ternyata memiliki manfaat yang bisa mengatasi tumbuhnya kanker dalam tubuh.

Buah yang memiliki nama latin Citrullus Lanatus ditengarai dapat mengatasi tumbuhnya sel kanker karena adanya kandungan senyawa berupa likopen dan cucurbitacin E. Dalam keterangan kontan.co.id hal itulah yang dimungkinkan dalam mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Baca Juga:  Manfaat Daun Singkong, Salah Satunya Bisa Mengobati Luka

3. Melancarkan pencernaan
Gangguan pencernaan merupakan salah satu masalah yang terbilang cukup serius. Dan buah semangka merupakan salah satu makanan yang apabila dikonsumsi mengatasi masalah pencernaan.

Dalam laman health.kompas.com cairan dan prebiotik dalam buah semangka dapat merangsang bakteri baik di saluran pernceraan. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment