Weekend di Bulan Ramadhan: Bisa Mengisi dengan Ngabuburit, Mengunjungi Wisata Religi

0 Komentar
Reporter : Helmy
Weekend di Bulan Ramadhan_ Bisa Mengisi dengan Ngabuburit, Mengunjungi Wisata Religi.

Suasana wisata religi Asta Tinggi Sumenep Madura. (Foto: visitsumenep.com)

WARTA ZONE – Pepatah mengatakan, “Hari libur adalah hari untuk keluarga”. Yang mana, pada hari ini sering dijadikan momen liburan bersama keluarga tercinta. Lalu bagaimana dengan weekend di bulan Ramadhan, apakah anda sudah memikirkannya?

Jika anda merasa bingung menentukan weekend di bulan Ramadhan, coba perhatikan tulisan ini barangkali cocok untuk anda jadikan gambaran sebelum menghabiskan akhir pekan.

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Hal ini perlu dilakukan, agar liburan anda tidak mengundang pada hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Baca Juga:  Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan

Langkah kedua anda harus cerdik membaca perkiraan cuaca. Liburan di tempat terbuka di bawah terik matahari akan menambah beban dan menguras tenaga. Nah, berikut penulis sajikan tips weekend di bulan Ramadhan yang bisa membuat anda tetap merasa enjoy.

1. Jalan-Jalan di Pantai

Ngabuburit atau meluangkan waktu menunggu azan di bulan Ramadhan bisa anda lakukan dengan cara jalan-jalan ke pantai.

Menghabiskan waktu di sore hari di tepi pantai akan membuat kita merasa nyaman. Sepoi angin laut dan debur ombak yang berlarian membuat kita betah berlama-lama di sana.

Khusus anda yang berada di Sumenep, cobalah jalan-jalan ke pantai Slopeng, Lombang, e-Kasoghi atau ke Toraja di Dungkek. Namun sebelumnya, anda harus memperkirakan estimasi waktu yang anda butuhkan selama perjalanan pulang-pergi agar perjalanan anda tidak tergesa-gesa sampai ke rumah.

Baca Juga:  Kiat Menyambut Bulan Suci Ramadhan: Nomor 2 Wajib Disimak, Dapat Melunturkan Amal Puasa

2. Wisata Religi

Opsi kedua untuk mengisi weekend di bulan Ramadhan, anda bisa mengunjungi wisata religi. Salah satunya mengujungi situs bersejarah atau makam para raja-raja dan wali Allah.

Pada bulan Ramadhan, makam tokoh-tokoh Islam banyak dikunjungi wisatawan setempat atau dari luar daerah. Untuk di Sumenep sendiri, anda bisa berziarah ke Asta Tinggi, Asta Gurang-Garing yang berdekatan dengan pantai Lombang, atau ke Masjid Jamik Sumenep untuk melakukan I’tikaf.

3. Berkunjung ke Pasar Malam

Jika anda ingin liburan di bulan Ramadhan tanpa khawatir membatalkan puasa, salah satunya anda bisa berkunjung ke pasar malam.

Baca Juga:  Bingung Cari Menu Buka Puasa? Cobalah Minuman Tradisional Madura, Salah Satunya Es Lembur

Di sana anda tidak perlu lagi menahan lapar dengan berbagai macam hidangan yang dijual di stand yang tersedia.

Selain bisa mencicipi berbagai makanan, anda juga berkesempatan membeli pakaian untuk hari lebaran. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment