Bupati Sumenep Dorong Lomba Burung Puter Pelung Jadi Agenda Berkelanjutan untuk Kejuaraan Regional maupun Nasional

0 Komentar
Reporter : Panji Agira

Foto: Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat menghadiri pembukaan Liga Puter Pelung Jawa Timur 2023 putaran pertama, di Desa Parsanga Kecamatan Kota Sumenep.

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mendukung penuh Liga Puter Pelung Jawa Timur 2023 putaran pertama, Minggu (12 Maret 2023).

Liga Puter Pelung Jawa Timur 2023 di Kabupaten Sumenep diikuti 200 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, termasuk Madura, di antaranya Sidoarjo, Surabaya, Lamongan, Situbondo, Mojokerto, Gresik dan Kabupaten atau Kota lainnya.

Bupati Sumenep menyampaikan, lomba seni suara puter pelung jangan hanya sekali saja diadakan di Kabupaten Sumenep, namun bisa menjadi agenda berkelanjutan untuk kejuaraan regional maupun nasional.

Baca Juga:  Gelar Silaturahim dengan Bupati, Pengurus PABPDSI Sampaikan Komitmennya Turut Serta Membangun Sumenep

“Kami harapkan melalui lomba ini semakin banyak pecinta dan peminatnya, supaya burung puter pelung bisa dilestarikan terutama seni suara khasnya,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela pembukaan lomba, di Desa Parsanga Kecamatan Kota Sumenep.

Selain itu, melalui liga ini menjadi sarana pemberdayaan masyarakat dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, karena dengan maraknya lomba burung itu berdampak positif kepada pengusaha pakan, sangkar, dan gantangan, termasuk  pelaku UMKM.

“Karena itulah, jika semua sektor dihidupkan tentu saja efeknya kepada pertumbuhan ekonomi pecinta burung itu serta masyarakat,” tutur politisi muda PDI Perjuangan itu.

Baca Juga:  Terpikat Keindahan Spot Pancing Pantai Matahari Lobuk, Bupati Sumenep Janji Bantu Pengembangan

Diyakini orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu, kejuaraan seni suara puter pelung dengan peserta yang banyak dari luar daerah mampu mengangkat potensi Kabupaten Sumenep baik budaya, kuliner maupun wisatanya.

Pantauan media di lokasi, Bupati bersama Kapolres dan Dandim 0827 Sumenep menandai dimulainya liga puter itu dengan menggantungkan sangkar pada gantangan di arena lomba. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment