Dewan Dorong Pemkab Sumenep Wujudkan Pelabuhan Besar di Kangayan

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
Komisi III DPRD Sumenep Dorong Pemkab Wujudkan Pelabuhan Besar di Kangayan

Foto: Ketua Komisi III DPRD Sumenep H. Dul Siam.

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep Dul Siam mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat wujudkan pelabuhan besar di Kecamatan Kangayan.

Dorongan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu merespon komitmen Bupati Sumenep Achmad Fauzi untuk membangun pelabuhan besar di Kangayan menjawab aspirasi dari masyarakat setempat.

“(Sangat penting), makanya kebutuhan pelabuhan besar di Kangayan itu sudah kami suarakan beberapa tahun terakhir,” kata Dul Siam. Minggu, 12 Juni 2022, kepada wartazone.com.

Baca Juga:  PLN Serahkan Bantuan Sambung Listrik Gratis, Bupati Sumenep: Untuk Membantu Keluarga Kurang Mampu

Apalagi, lanjut politisi asal Dapil VI itu, Kangayan merupakan satu-satunya kecamatan kepulauan yang saat ini belum memiliki pelabuhan besar.

Dul Siam sangat mendukung keinginan Pemkab Sumenep untuk mewujudkan pelabuhan Kangayan, kendati harus dengan membidik Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Timur.

“Kemarin Kecamatan Kangayan sudah masuk rencana induk pelabuhan nasional. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” harapnya.

Jika benar pembangunan pelabuhan besar di Kangayan tahun ini sudah masuk perencanaan, Dul Siam memprediksi pembangunannya di tahun 2023.

Sebelumnya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menegaskan akan membidik APBD Provinsi Jatim untuk membangun pelabuhan besar di Kangayan usai silaturahmi dengan masyarakat di pendopo Kecamatan Kangayan. Jumat, 3 Juni 2022 malam, lalu.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sumenep Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

Dia berjanji akan menindaklanjuti kembali pengajuan program pembangunan pelabuhan di Desa Kayuaru, Kecamatan Kangayan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Untuk membangun pelabuhan besar pemerintah daerah tidak punya kekuatan, namun untuk menjawab kebutuhan masyarakat di Pulau Kangean sudah diusulkan melalui APBD Provinsi,” tegas Bupati Achmad Fauzi. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment