Kesehatan Mental dan Macam-macam Penyakitnya

0 Komentar
Reporter : Helmy
Kesehatan Mental dan Macam-macam Penyakitnya

Sumber gambar Pixabay.

WARTA ZONE – Mental merupakan segala sesuatu yang bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga.

Pada bagian ini pembangunan tidak hanya bertitik fokus pada perhatian fisik, melainkan juga fokus pada pembangunannya itu sendiri.

Seseorang bisa dikatakan memiliki kesehatan mental baik apabila ia merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, maupun sosial.

Pada segmen ini kesehatan mental juga berpengaruh pada bagaimana seseorang berpikir, mengambil tindakan, merasakan sesuatu, hingga pada bagaimana ia berinteraksi.

Baca Juga:  Selain untuk Mengatasi Sembelit, Ternyata Ini Sejumlah Manfaat Mengkonsumsi Pepaya

Itulah sebabnya mengapa kesehatan mental perlu dijaga, sebagaimana dalam laman alodokter.com seseorang yang memiliki mental prima akan beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal.

Namun tahukah kamu bahwa mental juga dapat mengalami gangguan, dan inilah yang disebut dengan penyakit mental.

Penyakit mental bisa datang karena faktor gaya hidup, trauma masa lalu, faktor keturunan, hingga cedera otak.

Berdasarkan gejalanya penyakit mental dibagi menjadi dua, di antaranya:

1. Penyakit mental psikotik

Penyakit mental psikotik adalah sulitnya seseorang membedakan antara kenyataan hidup dan imajinasi.

Baca Juga:  Sering Maag Anda Kambuh? Cobalah Langkah Ini untuk Mengatasinya

Seperti halnya keterangan di sehatq.com, orang yang mengalami kondisi psikosis dapat melihat atau mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Kondisi ini sering disebut dengan gejala halusinasi. Selain halusinasi, penderita psikosis juga kerap meyakini suatu hal, yang sebenarnya tidak benar, atau delusi. Jadi, delusi tidak sama dengan halusinasi.

2. Penyakit mental nonpsikotik

Penyakit mental nonpsikotik biasanya penderitanya cenderung mengalami gangguan perasaan atau memiliki pola pikir yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Penyakit ini cenderung berhubungan erat dengan stres dan trauma.

Baca Juga:  Selain untuk Mengatasi Sembelit, Ternyata Ini Sejumlah Manfaat Mengkonsumsi Pepaya

Penyakit mental nonpsikotik:
Depresi, gangguan kecemasan, fobia, serangan panik, obsessive-compulsive disorder (OCD).

Itulah pengertian mental dan serangan penyakit yang dapat mengganggu terhadap kesehatan mental seseorang yang berhasil wartakzone.com himpun dari sumber resmi alodokter.com dan sehatq.com.

Semoga tulisan ini bermanfaat pada pembaca yang budiman dan menjadi sumber informasi agar bisa menjaga kesehatan masing-masing. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment