Gelar UKK Mandiri, SMK Nurul Islam Karangcempaka Komitmen Tingkatkan Kualitas Santri

0 Komentar
Reporter : Ajie Putra
Foto: SMK Nurul Islam Karangcempaka Bluto, Sumenep, saat melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Foto: SMK Nurul Islam Karangcempaka Bluto, Sumenep, saat melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Islam Karangcempaka Bluto, Sumenep, melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dengan mendatangkan Penguji Eksternal yang Kompeten di bidang Arsitek dari PT. cipta Sarana Cendikia Malang. Senin (12/4/2021) lalu.

Hal itu sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas santri sesuai jurusannya.

Untuk diketahui, uji kompetensi keahlian adalah kebijakan pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan di Indonesia pada jenjang SMK, sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran COVID-19.

Baca Juga:  Tekan Sebaran COVID-19, Pemkab Sumenep Genjot Vaksinasi

Selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, peserta didik sekolah menengah kejuruan juga dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Meski masih tergolong dini, SMK Nurul islam sudah memberanikan diri melaksanakan secara mandiri.

“Walaupun SMK Nurul Islam adalah salah satu sekolah baru dan satu satunya SMKS yang program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan di Kabupaten Sumenep, menjadi suatu kebanggaan sudah bisa melaksanakan UKK secara mandiri,” ungkap salah satu guru di SMK Nurul Islam, Sudarsono, ST. Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga:  Nia Kurnia Fauzi Ajak Emak-Emak TP PKK Sumenep Kawal Program Kerakyatan

Sementara itu, Kepala SMK Nurul Islam Moh Tazam berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, ia pun menginginkan kualitas siswa bisa dilihat langsung oleh wali santri dan masyarakat secara Umum.

“Pelaksanaan UKK ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK,” sebutnya, kepada wartazone.com.

Sebagai langkahnya, pihaknya telah meneken MoU dengan salah satu DuDi atau Penguji Eksternal dari Malang yang memang Kompeten di bidang Arsitek Nasional.

Baca Juga:  Satpol PP Sumenep Laporkan Data Temuan Pelanggaran Rokok Ilegal Kepada Bea Cukai Madura Lewat Siroleg

“Ini sebagai bukti bahwa SMK Nurul Islam tidak pernah main-main dalam mendidik siswa,” tegasnya.

Pelaksanaan UKK ini dijadwalkan 3 hari sesuai dengan Paket UKK yang dikeluarkan Oleh Kemendikbud. Hadir dalam kegiatan tersebut, kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep, HM. Bahri Arofah, serta H. Suyadi, selaku Pengawas SMK Nurul Islam didampingi Bapak Ribut. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment