Sapa Komite, Cara Bupati Achmad Fauzi dan DPK Sumenep Saling Menguatkan Peran Majukan Pendidikan

0 Komentar
Reporter : Panji Agira

Foto; Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat memberikan sambutan dalam agenda Sapa Komite sekolah se Kabupaten Sumenep, di Pendopo Keraton Keraton Sumenep, Jumat (19 Mei 2023).

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Pelaksanaan kegiatan Bupati dan Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep (DPKS) Sapa Komite sekolah se Kabupaten Sumenep, berlangsung dengan penuh keakraban di Pendopo Keraton Keraton Sumenep, Jawa Timur, Jumat (19 Mei 2023).

Sebelum acara inti dimulai, sejumlah penampilan dari para siswa-siswi memukau para undangan yang hadir di Pendopo. Mulai dari penampilan Paduan Suara lagu ciptaan Bupati Sumenep, I Love Ramadhan, Juara Harapan 1 tingkat Kabupaten, Pantomim, dengan judul Kucing Penolong, Juara 1 FLS2N.

Selain itu, menyanyikan lagu Solo, lagu Kebyar-Kebyar ciptaan Gombloh dan Lagu Madura. Termasuk juga penampilan tari-tarian, Tengtengan Komantan, Juara 3 FLS2N dari SDN Pandian I Sumenep dan klenengan dari SDN Pandian V Sumenep.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Sediakan Kapal Arus Balik Mudik Gratis Untuk Warga Kepulauan, Catat Tanggalnya!

Ketua DPK Sumenep, Mulyadi mengatakan, sangat berterima kasih kepada seluruh siswa yang telah tampil dari sejumlah sekolah di Sumenep. Termasuk juga, kepada Dinas Pendidikan Sumenep yang telah memberikan support untuk pelaksanaan Halal-bihalal Bupati dan DPK Sumenep Sapa Komite Sekolah.

”Komite sekolah memiliki peranan penting untuk kemajuan Pendidikan di Kabupaten Sumenep. Komite sekolah merupakan lembaga pemberi Pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di satuan Pendidikan,” ujarnya Ketika memberi sambutunan.

Menurut Mulyadi, Komite Sekolah sebagai lembaga pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan Pendidikan memiliki kontribusi besar untuk pelayanan mutu Pendidikan di Sumenep.

Baca Juga:  Lewat Perwosi, Bupati Sumenep Bidik Eksistensi Kaum Hawa di Bidang Olahraga

”Di Kabupaten Sumenep memiliki lebih dari 1500 sekolah baik dari tingkat PAUD, SD, dan SMP. Masing-masing Lembaga sekolah pasti memiliki komite sekolah. Maka, hal ini butuh di organisir sehingga nantinya masing-masing kecamatan ada forum komite,” tegasnya.

Sementara, Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam forum tersebut mengatakan, Komite sekolah memiliki peran sangat penting untuk keberlangsungan pendidikan anak didik. Maka, antar komite harus saling menguatkan.

”Komite Sekolah harus mendukung dan berusaha keras agar anak didik tidak putus sekolah. Ingatlah, karena setiap usaha tidak akan mengkhianati hasil. Komite mendorong para Pendidik agar tetap focus dalam mendidik,” tandasnya.

Baca Juga:  Di Pulau Sapeken, Bupati Sumenep Silaturrahmi ke Tiga Pondok Pesantren

Dikatakan, Pendidikan tidak bisa diserahkan kepada dinas Pendidikan dan dewan Pendidikan saja, tetapi semua pihak termasuk komite sekolah memiliki peran untuk memajukan dan meningkatkan mutu Pendidikan di Sumenep.

”Kami berharap, Dinas Pendidikan Sumenep harus mampu menciptakan suasana kebijakan yang bersih, bersih dari pungutan, akad jabatan apalagi setoran, itu saya titip,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment