Bupati Nias Buka Pelatihan Strategi Pemasaran Produk UMKM

0 Komentar
Reporter : Widya Natalia Daeli
Bupati Nias Buka Pelatihan Strategi Pemasaran Produk UMKM

Foto: Bupati Nias saat mengalungkan tanda pengenal kepada salah satu peserta pelatihan sebagai tanda dibukanya pelatihan UMKM dan pelatihan kuliner.

NIAS, (WARTA ZONE) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan menggelar pelatihan strategi pemasaran produk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pelatihan kuliner selama 7 hari.

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Gido, Jl. Pastoran nomor 3 Hiliweto Gido. Senin (19/9/2022).

Tampak hadir Bupati Nias, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias, Ajulio Padly Sembiring selaku narasumber serta para pelaku UMKM.

Baca Juga:  Bupati Nias Pimpin Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD

“Dengan pelaksanaan pelatihan ini diharapkan agar para pelaku UMKM mampu menganalisa permasalahan yang dihadapi dan keterbatasan yang dapat menghambat pemasaran produk, kemampuan untuk mengelola sumber daya lokal sehingga menambah penghasilan dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan,” jelas Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias Firmina Halawa.

Ia mengatakan, kegiatan ini diikuti 25 orang para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Nias dari tanggal 19 sampai 21 September 2022, sedangkan peserta pelatihan kuliner bagi pelaku UMKM berjumlah 27 orang yang dilaksanakan dari tanggal 22 sampai 24 September 2022.

Baca Juga:  Bupati Nias Menang Atas Gugatan Salah Satu Kades Berdasarkan Putusan PTUN Medan

Sementara itu, Bupati Nias Yaatulo Gulo menyampaikan bahwa pelatihan merupakan sesuatu proses pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir sehingga peserta pelatihan memiliki pengetahuan teknik pengerjaan dan keahlian untuk tujuan tertentu.

“Salah satu faktor kegagalan wirausaha adalah kurangnya memiliki kemampuan pemasaran dan tidak mampu melihat atau memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat mengakibatkan fokus tujuan tidak jelas, daya saing lemah, tidak bisa meminimalisir resiko,” ungkap Bupati Nias.

Diakhir penyampaiannya, orang nomor satu di Kabupaten Nias itu berpesan kepada para peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan dengan baik agar dapat menunjang perekonomian. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment