BPBD Jember Manfaatkan Grup WhatsApp Sebagai Tukar Informasi

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Peringatan dini 3 harian Jawa Timur.

Peringatan dini 3 harian Jawa Timur.

JEMBER, (WARTA ZONE) – BPBD Jember memberi peringatan dini untuk tiga hari ke depan mulai dari tanggal 20-22 Februari 2021. Perihal prediksi untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Menurut pengamatan yang dikeluarkan BMKG, akan berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat. Selama 3 hari berpotensi banjir tercatat pada posisi level waspada.

Menurut Kepala BPBD Jember, Mat Satuki menyampaikan, untuk antisipasi awal terkait ancaman bencana pihaknya memberlakukan status siap siaga bencana di internal BPBD Jember.

Baca Juga:  Gempa Guncang Jember, BPBD Masih Kumpulkan Info Dampak ke Warga

“Meskipun status siap siaga ini tidak ditetapkan melalui surat keputusan (SK). Kita harus tetap siaga dan saling berkoordinasi,” ucap Mat Satuki saat dikonfirmasi di Pusdalops BPBD Jember, Sabtu (20/2/2021).

Selain itu, pihaknya juga memanfaatkan jejaring informasi melalui WhatsApp sebagai sarana komunikasi dengan rekan relawan dari segala potensi yang tersebar di 31 kecamatan se Kabupaten Jember.

“Dan kita saling menginfokan melalui pesan WhatsApp,” sambungnya.

Satuki menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan kondisi dari relawan dan personel TRC BPBD Jember.

Baca Juga:  Sidang Ketiga Pra Peradilan Korupsi Pemotongan Honor Covid-19 di Jember Hadirkan Tiga Saksi

“Selain itu, kita sudah berkoordinasi dengan tim relawan yang akan menginfokan kepada masyarakat khususnya yang berada di lokasi potensi bencana,” lanjutnya.

Potensi bencana yang perlu diwaspadai saat ini intensitas hujan yang mengakibatkan banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan angin kencang.

“Sehingga segala alat dan juga bentuk bantuan logistik sudah disiapkan, saat kemarin ada sidak dari DPRD Jember, kita sampaikan terkait kesiapan logistik yang ada dan hingga ketersediaan stoknya,” ungkapnya.

Terkait informasi selalu disampikan melalui pesan-pesan di Group WhatsApp, Satuki selalu membagikan informasi dari BMKG.

Baca Juga:  Akibat Gempa Tuban, Tembok Rumah Warga di Jember Ambruk

“Di WhatsApp itu kan ada grup-grup yang fokus membahas soal kebencanaan, dari sana kita saling bertukar informasi. Jadi penanganan bencana kita juga bisa langsung koordinasi di sana,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment