KPK Monitoring Evaluasi Perbaikan Tata Kelola Pemerintah di Bondowoso

0 Komentar
Reporter : Slamet Wahyudi

Foto: Irawati, Kasatgas Pencegahan Direktorat III KPM saat dikonfirmasi media.

BONDOWOSO, (WARTA ZONE) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar Monitoring Evaluasi perbaikan program tata kelola Pemerintah Daerah Kabupaten setempat, di Pendopo Bupati, Rabu (25/10/2023).

Hadir dalam monitoring seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se-Kabupaten Bondowoso.

Kasatgas Pencegahan Direktorat III KPK Irawati, saat diwawancarai menjelaskan, kedatangan rombongan KPK itu merupakan bentuk upaya memberikan edukasi terhadap pengelolaan tata kelola Pemerintah Daerah (Pemda), khususnya Kabupaten Bondowoso.

“Monitoring Center For Prevention (MCP) ini hadir bukan hanya untuk pemenuhan secara administrasi, tapi harus dapat menyakinkan Pemerintah Daerah untuk menggunakan MCP nya sebagai Platform didalam pengelolaan Tata kelola pemerintahan,” ungkapnya.

Kemudian, dari KPK sendiri memberikan intervensi Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso di 8 area Lingkup Kerja Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga:  Ketua PWI Jatim Sesalkan Tindakan Petugas KPK Terhadap Wartawan di Sumenep

Delapan Area yang berada didalam Lingkungan Kerja Pemerintah Kabupaten Bondowoso, menjadi atensi Intervensi Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI).

Delapan area tersebut diantaranya, Perencanaan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang Jasa, Perizinan, Penguatan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, dan Tata Kelola Keuangan Desa.

Dari 8 area yang menjadi atensi diharapkan mampu memberikan upaya-upaya agar dari atensi tersebut tidak benar-benar terjadi.

“Delapan area Itu merupakan daerah yang krusial karena Delapan area itu yang didorong dalam kedeputian koordinasi supervisi,” tutupnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment