Anggota DPRD Jatim Desak Kepedulian Bersama, Sukseskan Porprov Juni 2022

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Anggota DPRD Jatim Desak Kepedulian Bersama, Sukseskan Porprov Juni 2022

Foto: Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jatim Umi Zahrok saat meninjau kompetisi Piala Gus Muhaimin Iskandar di Stadion Notohadinegoro Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jatim Umi Zahrok mendesak adanya kepedulian bersama untuk mensukseskan even Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim ke 7 yang akan digelar di 4 Kabupaten wilayah timur.

Adanya kepedulian bersama tersebut, menurut legislator dari PKB ini dirasa penting. Pasalnya melalui even Porprov Jatim, bisa menyaring bibit-bibit atlet yang mumpuni di masa depan.

Salah satunya yang bisa dilakukan, adalah dengan mengadakan even-even kecil melalui tingkatan lebih rendah, untuk menyiapkan diri pada perhelatan besar berikutnya.

Seperti halnya even Piala Gus Muhaimin Iskandar untuk awal menyambut Porprov 2022 pada Juni mendatang.

“Menyambut even Porprov pada 22 Juni 2022 mendatang. Harus ada kepedulian bersama. Tidak hanya menjadi perhatian atau kepentingan pemerintah. Tapi semua masyarakat, SDM, penyelenggara, pemerintah, maupun stakeholder harus siap,” kata Umi Zahrok dikonfirmasi saat meninjau kompetisi Piala Gus Muhaimin Iskandar di Stadion Notohadinegoro Jember, Minggu (27/2/2022).

Baca Juga:  Bupati Jember Minta Masyarakat Tidak Panik Dengan Omicron

Menurut Umi, dengan kepedulian bersama. Maka bibit-bibit unggul atlet ini bisa didapat. Sehingga menjadi aset yang mumpuni saat berlaga dan menghadapi even-even tingkatan yang lebih tinggi.

“Contohnya lewat Piala Gus Muhaimin Iskandar ini, antara Putra Jember vs Arema, tujuannya, untuk menumbuh kembangkan bibit unggul SDM pesepak bola biar menyiapkan untuk SDM unggul. Dari tingkatan perkampungan siapa tahu kita dapat atlet yang berkualitas. Kemudian dilanjutkan, untuk menyiapkan bidang olahraga (sepak bola) yang lebih maju di masa depan,” katanya.

“Ini penting, karena kan nanti setelah kita dapat bibit atlet unggul. Saat kita menghadapi even tingkat lokal (berikutnya), regional, nasional, maupun internasional. Kita bisa lebih siap,” sambungnya.

Lebih lanjut terkait persiapan Porprov Jatim ke 7 yang akan digelar di Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Baca Juga:  Bupati Hendy Sambut Kunker Kemendikbudristek RI, Implementasi Kurikulum Merdeka

Umi juga mengingatkan, tidak hanya membicarakan soal anggaran dari Pemkab setempat atupun Provinsi Jatim.

“Tapi tentunya bisa membantu perekonomian di Jember (atau kabupaten lain) sebagai penyelenggara. Terutama juga harapan dari Provinsi, juga bisa membantu untuk kembangkan usaha kecil, mikro, dan menengah. Itu harapan besarnya yang mudah-mudahan bisa tercapai,” ujarnya.

“Karena kenapa? Tuan rumah kan harus menyelenggarakan tempat menginap, yang nantinya kurang lebih ada 11 ribuan pengunjung bagi 39 cabor yang akan dipertandingkan. Maka keamanan, kenyamanan, dan partisipasi yang baik itu penting. Jadi ada efek domino yang baik juga membantu perekonomian,” sambungnya.

Untuk even Porprov ini, lebih lanjut Umi mengatakan, adalah bagian momentum untuk memunculkan prestasi-prestasi yang lebih baik.

Baca Juga:  Dinkes Jember Gelar Lomba Iklan Layanan Masyarakat Dalam Peringatan HTBS

“Tapi manfaatnya, kita tidak hanya dapat bibit atlet yang baik. Tapi juga membantu efek lainnya, secara ekonomi bagi kabupaten penyelenggara dan tuan rumah,” tegasnya.

“Terlebih saat kondisi pandemi saat ini, kita akui anggaran provinsi terkait Porprov, viskal kita (juga alami) kelambanan karena covid. Jadi semua sektor pembangunan termasuk Dispora dan KONI juga mengalami pengurangan. Sehingga, tentu saja penyelenggara mengalami penurunan,” bebernya menambahkan.

Tapi prestasi-prestasi daerah ini tetap bisa muncul. Manfaat ekonomi juga bisa tetap bergulir.

Dengan kondisi keterbatasan anggaran, maka butuh kepedulian bersama. Karena dengan terbatas anggaran, bisa juga menggandeng stakeholder lain.

“CSR yang ada. Jadi semua saling dukung,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment