Tanam Pohon di Wisata Grogoland, Cara JMSI Bojonegoro dan Pemdes Ngunut Jaga Kelestarian Alam

0 Komentar
Reporter : Panji Agira

Foto: JMSI Kabupaten Bojonegoro, bekerjasama dengan mitra menggelar penanaman pohon di lokasi Wisata Grogoland Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Senin (30/10/2023).

BOJONEGORO, (WARTA ZONE) – Pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Bojonegoro, bekerjasama dengan mitra menggelar acara penanaman pohon di lokasi Wisata Grogoland Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Senin (30/10/2023) pagi.

Ketua JMSI Bojonegoro, Ririn Wedia menyatakan bahwa kegiatan penanaman pohon di momentum merayakan Hari Jadi ke-346 Kabupaten Bojonegoro, bertujuan untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam.

“Kita bekerja sama dengan pemerintah desa dan beberapa mitra JMSI, terutama dalam situasi panjangnya musim kemarau dan wilayah yang mengalami kekeringan. Kami berupaya menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon,” terangnya.

Baca Juga:  Pengurus JMSI Sumenep Dikukuhkan, Komitmen Memajukan Media Siber

Ririn berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak, khususnya masyarakat, tentang pentingnya melestarikan alam.

“Sumber air semakin berkurang selama musim kemarau panjang seperti ini, oleh karena itu, gerakan penanaman pohon ini semoga mampu menginspirasi,” tambahnya.

Kepala Desa Ngunut, Suwarno, menjelaskan bahwa selain menjaga dan merawat alam, pihaknya bersama Pokdarwis berupaya mengubah sumber air di Dusun Grogolan menjadi destinasi pariwisata Grogoland.

“Destinasi pariwisata Grogoland ini akan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di desa kami,” kata Kades.

Camat Dander, Mujiono, menyampaikan terima kasih kepada JMSI yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Dander dan Pemdes Ngunut dalam Gerakan Penanaman Pohon di kawasan hutan perhutani di Dusun Grogolan Desa Ngunut.

Baca Juga:  Berikut Struktur JMSI Sumenep yang Baru Dikukuhkan

“Kami berharap bahwa niat baik ini akan membawa hasil yang baik bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nyai’in menjelaskan bahwa bersama anggota Pokdarwis, mereka telah bekerja keras selama 1,5 tahun untuk mewujudkan impian yang digagas oleh Pemerintah Desa Ngunut.

“Hasilnya, wisata Grogoland berhasil meningkatkan perekonomian warga,” ungkapnya.

Acara penanaman pohon ini juga dilengkapi dengan diskusi tentang “Transformasi Digital dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam,”.

Sekretaris Dinas Kominfo Bojonegoro, Nanang Dwi Cahyono, mengungkapkan, jika teknologi digital membuka peluang baru dimana transformasi digital membawa peluang baru untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemantauan lingkungan.

Baca Juga:  Audiensi JMSI Jatim ke Kominfo, Bahas Penguatan Media Siber

“Kerjasama antara pemerintah, industri, masyarakat, dan lembaga nirlaba sangat penting untuk menghadirkan perubahan positif dalam pengelolaan sumber daya alam,” lanjutnya.

Nanang menyatakan, pentingnya meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang manfaat teknologi digital dalam menjaga keberlanjutan sumber daya alam. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment