Kadisdik Sumenep Ajak Insan Pendidikan Implementasikan Merdeka Belajar

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
Foto: Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra, ditemui di ruang kerjanya. Kamis (02/05/2024).

Foto: Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra, ditemui di ruang kerjanya. Kamis (02/05/2024).

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Pada momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, menjadi refleksi bersama untuk terus berkomitmen memajukan dunia pendidikan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra, dengan mengajak insan Pendidikan mengimplementasikan merdeka belajar.

Kadisdik Sumenep juga mengajak semua elemen Pendidikan untuk ikut serta bangga dan merayakan Hardiknas yang jatuh setiap tanggal 02 Mei setiap tahunnya.

Menurut Kadisdik Sumenep, Agus panggilan akrabnya, tema Hardiknas 2024 ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’, sangat relevan dan sejalan dengan ajaran dari Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara.

Baca Juga:  Momentum Hardiknas 2024, Kadisdik Sumenep Ajak Semua Elemen Wujudkan Pendidikan Unggul dan Berprestasi

“Ki Hajar Dewantara mengajarkan prinsip Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (02/05/2024).

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, konsep Merdeka Belajar diyakini mampu mencetak generasi masa depan yang tanggap dalam menghadapi tantangan zaman.

Apalagi menurutnya, dalam kondisi dunia yang sangat mengedepankan inovasi dan kreativitas, konsep Merdeka Belajar dalam kurikulum pendidikan menjadi sangat penting karena mengedepankan kemandirian.

“Konsep Merdeka Belajar tidak hanya membebaskan guru untuk berinovasi, tetapi juga memberdayakan siswa sebagai agen perubahan hingga menjadi problem solver yang mampu menjawab setiap tantangan yang ada di hadapan mereka,” ujarnya.

Baca Juga:  Momentum Hardiknas, Ketua DPRD Sumenep Ajak Teladani Jejak Ki Hajar Dewantara

Pihaknya juga menjelaskan bahwa momentum Hardiknas 2024 ini tidak hanya sekedar acara Seremonial saja, tetapi bagaimana insan pendidikan betul-betul memaknai dan meneladani hari pendidikan itu sendiri.

“Kita harus menomorsatukan pendidikan dalam semua hal bukan hanya sekedar diperingati dengan cara upacara. Bisa dengan tingkah laku, mindset dan motivasi akan lebih berarti,“ ungkapnya.

Hardiknas yang diperingati pada 2 Mei 2024 ini, tentu memberikan spirit dan kesadaran baru kepada semuanya, bahwa pendidikan itu penting dan strategis.

Menurutnya, pendidikan menjadi salah satu fondasi untuk membangun bangsa Indonesia lebih maju sebagaimana tertulis di dalam Pembukaan UUD 1945, bahwa pendidikan sangat diperlukan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga:  Gencar Sosialisasi Kurikulum Merdeka, Kemendikbudristek RI Yakin Punya Standar Pendidikan Tepat

“Kualitas mutu pendidikan di Sumenep harus terus ditingkatkan, supaya generasi muda semakin berkualitas dan dapat diandalkan di segala bidang,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment