Kantor Bakesbangpol Jember Dilalap Si Jago Merah

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Kantor Bakesbangpol Jember Dilalap Si Jago Merah. (Foto; Istimewa)

Kantor Bakesbangpol Jember Dilalap Si Jago Merah. (Foto; Istimewa)

JEMBER, (WARTA ZONE) – Kebakaran melanda Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (3/3/2021) malam sekitar pukul 19.45 WIB.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat tumpukan sampah yang dibakar oleh petugas di sekitar lokasi Jalan Letjen S. Parman Nomor 89 Kelurahan/Kecamatan Sumbersari hingga merembet ke kabel listrik PLN.

“Kebaran itu awalnya kata penjaga kantor, karena korsleting listrik. Saat penjaga bakar sampah, tidak melihat kalau di atasnya ada kabel listrik PLN. Akhirnya, tadi kabel itu terbakar dan sempat dengar ledakan. Kemudian aliran listriknya mati,” ucap salah seorang warga Syaiful Bahri, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Baca Juga:  Perwakilan Pedagang Pasar Tanjung Minta Bantuan Pemkab Jember Tertibkan PKL

Saat kebakaran, lanjut Syaiful, warga pun berdatangan ke kantor Bakesbangpol Jember untuk melihat situasi dan titik api.

“Yang terbakar ternyata kabel PLN yang ada di samping kantor. Karena pintu depan (pagar,red) sudah ditutup, kita panggil-panggil penjaganya. Ternyata, penjaganya agak lama datang. Dan kita masuk ke kantor bantu memadamkan api dengan alat seadanya itu,” sebutnya.

Tidak lama kemudian, Petugas Damkar Mako A datang ke lokasi dan langsung melakukan pemadaman. Dari pantauan di lokasi kejadian, untuk proses pemadaman api membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam.

Baca Juga:  Lupa Matikan Kompor, Rumah Seorang Bujangan di Jember Ludes Terbakar

“Akibat korsleting listrik, kabelnya ada yang terkelupas. Karena memang masih ada aliran listrik, dan kita langsung menghubungi PLN supaya langsung diperbaiki, sambil diawasi agar jangan sampai terjadi kebakaran lagi,” ucap Danru Mako A Damkar Pemkab Jember, Suharto, di lokasi kebakaran.

“Karena ada yang bakar-bakar tumpukan sampah dan ranting, kemudian mengenai kabel listrik PLN diatasnya. Sehingga menyebabkan kebakaran dan korsleting listrik,” imbuhnya.

Guna memastikan keamanan, imbuh dia, petugas Damkar masih menjaga kantor Bakesbangpol sambil menunggu petugas teknik dari PLN datang ke lokasi.

Baca Juga:  Menengok TPA Batuan, Antara Timbunan Sampah dan Ekowisata

“Kebakaran yang terjadi di kantor Bakesbangpol tidak ada korban (nihil) dalam musibah tersebut. Untuk kerugian materiil masih kami data,” tutup Suharto. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment