Nekat Balap Liar di JLS Jember Jelang Malam, Ratusan Motor Diamankan Polisi

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri

Foto: Tim Zebra Satlantas Polres Jember saat mengamankan balap liar di Jalur Lintas Selatan (JLS) Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Aksi balap liar di Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Jember yang menghubungkan 3 kecamatan, diantaranya Kencong, Gumukmas, dan Puger, dibubarkan Tim Zebra (Zero Brong Area) Satlantas Polres Jember, bersama dengan sejumlah anggota dari Polsek Kencong, Gumukmas, dan Puger.

Aksi balap liar yang seyogyanya akan dilakukan ratusan remaja itu, langsung dibubarkan polisi yang melakukan patroli. Bahkan dalam peristiwa itu, ratusan remaja yang ada di lokasi kejadian sampai kocar kacir berlarian untuk berusaha menyelamatkan diri.

Bahkan tampak beberapa motor yang tidak standar protolan, tanpa dilengkapi spion, dan berknalpot brong. Sampai ditinggal pemiliknya di tengah sawah dan ada yang tercebur di saluran irigasi.

Baca Juga:  Polres Jember Amankan Ganja Kering 2,8 Kg Siap Edar

Karena para pebalap liar yang kebanyakan remaja itu berusaha menyelamatkan diri masing-masing.

Terkait kegiatan operasi lalu lintas itu, diketahui dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Jember AKP Arum Inambala, dan juga jajaran Kapolsek juga pejabat Muspika setempat.

Kata Arum, dari giat operasi itu berhasil mengamankan kurang lebih 135 motor tidak standar dan dipaki untuk aksi balap liar. Saat ini ratusan motor itupun sudah diamankan di Kantor Satlantas Polres Jember.

“Kegiatan ini sasaran kita di Jalur Lintas Selatan (JLS), dengan adanya tindakan ini (operasi ketertiban berlalu lintas) berdasarkan laporan dari masyarakat. Karena di jalur ini menjadi tempat atau ajang balap liar. Bahkan terkait kegiatan balap liar ini, sampai dilakukan malam hari,” kata Arum saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Minggu malam (5/3/2023).

“Oleh karena itu, kita lakukan kegiatan patroli dari pukul 1 siang sampai malam ini. Dengan kita mengamankan 135 motor yang menggunakan knalpot brong, dan terindikasi akan melakukan balap liar,” sambungnya.

Baca Juga:  Demo di Kantor Kejari Jember Ricuh, Saling Dorong Untuk Bebaskan Kades Tersangka Korupsi

Dari kegiatan operasi tersebut, lanjutnya, ratusan motor itupun langsung dilakukan penindakan tilang.

“Kemudian untuk (motor yang pakai) knalpot brong. Besok Senin (6/3). Pemilik nanti kita minta untuk mengembalikan ke kondisi standar nantinya,” tegasnya.

Lebih jauh dari kegiatan operasi ketertiban berlalu lintas itu, kata Arum, para pelaku aksi balap liar ataupun remaja juga mendapat tindakan tegas dari polisi.

“Untuk anak-anak muda yang terjaring operasi ini, besok kita minta datang ke Kantor Satlantas Jember dengan membawa serta kedua orang tuanya,” katanya.

Baca Juga:  Lomba Balap Tamiya Pernah Hits Tahun 90an, Kembali Digelar Polisi di Jember

Selanjutnya untuk langkah antisipasi agar akai balap liar di JLS tidak kembali terulang. Arum menegaskan, akan rutin dilakukan kegiatan operasi tertib berlalu lintas di JLS itu.

“Untuk tindak lanjutnya sebagai langkah antisipasi, kami akan terus berpatroli di lokasi JLS ini dan berkoordinasi dengan polsek setempat termasuk Forpimcam (forum pimpinan kecamatan),” ujarnya.

“Juga kami akan keliling sekolah, untuk memberikan edukasi juga kepada orang tua untuk lebih memperhatikan kondisi kendaraan motor anak-anaknya,” imbuhnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment