Dua Desa Terdampak Banjir Dapat Bantuan dari BPBD Sumenep

0 Komentar
Reporter : Abd. Wakid
TURBA: Kepala BPBD Sumenep, R Abd Rahman Riadi, saat diwawancara sejumlah media di Balai Desa Patean (Foto: Abd. Wakid)

TURBA: Kepala BPBD Sumenep, R Abd Rahman Riadi, saat diwawancara sejumlah media di Balai Desa Patean (Foto: Abd. Wakid)

SUMENEP, (WARTA ZONE) — Dua desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terendam banjir akibat hujan deras selama beberapa hari terakhir.

Banjir yang ketinggiannya mencapai lutut orang dewasa tersebut tak hanya menggenangi sawah petani, kawasan pemukiman pun tak luput dari terjangan banjir. Dua desa itu adalah Desa Nambakor dan Patean Kecamatan Batuan.

“Sejak kemarin (Kamis,red) kami sudah menyalurkan bantuan. Pertama, Sembako yang kedua masker dan hand sanitizer,” terang Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, R Abd Rahman Riadi, saat ditemui di Balai Desa Patean, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga:  Terima Aduan Kekeringan Lewat 112, Bupati Sumenep Turun ke Lokasi, Bawa Dua Tangki Air Bersih

Ia menambahkan, bantuan lain yang juga disalurkan adalah penambah gizi seperti lauk-pauk siap saji yang didalamnya berisi rendang, ikan bandeng dan daging sejenis kari ayam.

“Itu berdasarkan observasi saat kita kunjungan pertama, yang dibutuhkan di Desa Nambakor ternyata lauk-pauk siap saji, karena gak sempat masak,” katanya.

“Paling tidak satu bulan ini mereka dapat menikmati bantuan dari kami,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil monitoring, lanjut Rahman, kondisi genangan air di dua desa tersebut sudah mulai menyusut. Meski demikian, ia tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati.

Baca Juga:  Pemkab Sumenep Akan Renovasi Rumah Ambruk di Banmaleng Giliraja

“Hari ini sudah mulai menyusut dan masyarakat tampak sudah banyak yang melakukan pembersihan di sekitar halaman dan tempat tinggal masing-masing,” ucapnya.

“Mudah-mudahan tidak ada penyakit yang ditimbulkan sesudah ini,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment