Rayakan Malam Peringatan HUT RI ke-77, Ratusan Warga Perumahan Jember Nobar Film Pahlawan Jendral Soedirman

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Rayakan Malam Peringatan HUT RI ke-77, Ratusan Warga Perumahan Jember Nobar Film Pahlawan Jendral Soedirman

Foto: Malam peringatan HUT RI ke -77, ratusan warga Perumahan Bumi Tegal Besar Nobar Film Dokumenter di Lapangan Fasum, Selasa (16/8/2022).

JEMBER, (WARTA ZONE) – Malam peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, ratusan warga perumahan Bumi Tegal Besar (BTB) RT 05 RW 18 Lingkungan dan Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember, nonton bareng film dokumenter Pahlawan Jenderal Soedirman.

Acara nobar digelar di Lapangan fasilitas umum (fasum), Selasa (16/8/2022) malam.

Ketua RT Kartiko Aji menyampaikan, nobar film dokumenter itu sebagai bentuk perwujudan sekaligus mengingat arti perjuangan para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan.

“Nonton bareng ini, sekaligus sebagai acara temu kangen bagi warga sekitar. Apalagi, akibat pandemi Covid-19 dua tahun kemarin sudah jarang-jarang kumpul lagi,” ucap Kartiko Aji.

Baca Juga:  Guru Honorer di Jember yang Curi Motor dan Laptop Sekolah, Baru Mengajar Empat Bulan

“Sehingga, pada kegiatan malam renungan kemerdekaan ini kita adakan tasyakuran. Sekaligus nonton bareng film dokumenter tentang kepahlawanan,” imbuhnya.

Kegiatan malam peringatan kemerdekaan itu, lanjutnya, bisa digelar kembali seperti dulu. “Karena memang diakui dua tahun sangat jarang sekali kumpul. Adapun kegiatan warga kumpul, hanya malam minggu. Itupun tidak semua,” ujarnya.

Untuk tahun ini, pihaknya bersyukur semua warganya bisa berkumpul dan merayakan bersama-sama.

“Alhamdulillah malam ini semuanya dapat berkumpul. Ya semoga menjadi berkah dan ungkapan rasa syukur karena Kemerdekaan ke-77 negara dan bangsa kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Peringatan 17 Agustus Hariyono menyampaikan, untuk memeriahkan hari kemerdekaan, banyak kegiatan positif yang bisa memberikan manfaat bagi warga.

Baca Juga:  Bupati Hendy Pimpin Pelepasan Angkutan Mudik Gratis 2022 Rute Jember-Madura

“Kita tahu kan beberapa tahun belakangan jarang kumpul karena pandemi Covid. Selain itu, juga banyak isu-isu soal radikalisme yang memecah belah persatuan. Jadi dipilih giat nonton film dokumenter tentang pahlawan ini, untuk ingatkan warga bagaimana perjuangan meraih kemerdekaan itu,” ucap Hariyono.

Ia menjelaskan, alasan dipilihnya film dokumenter perjuangan Jenderal Soedirman. “Karena Jenderal Soedirman merupakan contoh seorang pahlawan dan prajurit yang totalitas dalam berjuang,” paparnya.

“Kita sama-sama tahu, di tengah beliau sedang sakit. Tapi rela berjuang untuk menjaga dan meraih kemerdekaan. Perjuangan Jenderal Soedirman yang dilakukan setelah 17 Agustus 1945, merupakan contoh bagaimana kita generasi saat ini bisa mencontoh perjuangan beliau. Untuk menjaga berkah kemerdekaan ini,” sambungnya.

Baca Juga:  Cerita Pemudik Asal Gresik, Kecopetan di Ketapang Diantar Estafet Sampai Rumah

Lebih lanjut Hariyono mengatakan, dengan adanya kegiatan nonton bareng bisa membuat guyup dan rukun antar warga.

“Tentunya juga sambung silaturrahmi yang sangat bermanfaat. Insyaallah pandemi sudah berakhir, meskipun masih ada, kita perlu bangkit lebih kuat,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment