128 Bacakades di Sumenep Ikuti Uji Kepemimpinan

0 Komentar
Reporter : Abd Wakid
LUGAS: Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli, saat memberikan keterangan (Foto: Abd Wakid)

LUGAS: Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli, saat memberikan keterangan (Foto: Abd Wakid)

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Sebanyak 128 bakal calon kepala desa (Bacakades) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengikuti uji kepemimpinan di Gedung Islamic Center Batuan, Kamis (17/6/2021).

Ujian ini berlaku bagi Bacakades yang calonnya lebih dari lima orang. Sebab, dari 86 desa yang akan melaksanakan Pilkades, hanya 19 desa yang mengikuti ujian tambahan tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli menjelaskan, dalam ujian ini, peserta akan diukur kemampuannya oleh tim dari LPPM Universitas Trunojoyo, Bangkalan.

Baca Juga:  Pesan Bupati Sumenep untuk Para Aktivis IPNU-IPPNU

Kriterianya meliputi empat hal. Yakni, 70% pada tiga kriteria yang meliputi bidang usia, pendidikan dan pengalaman. Sementara 30% lagi pada ujian tes tulis dan wawancara.

“Pukul setengah empat, hasilnya sudah bisa diserahkan kepada panitia. Selanjutnya, nilai itu menjadi tanggung jawab panitia untuk diakumulasikan dengan nilai-nilai yang lain,” katanya, saat di lokasi.

Ia menegaskan bahwa nilai yang sudah diterima oleh panitia bisa langsung dipublikasikan sampai batas waktu penetapan masa penyaringan Bacakades pada 22 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga:  Panitia Pilkades Desa Lombang Giliraja Resmi Terbentuk

“Bisa dipublikasikan lah. Sebab, Bupati sudah menetapkan pada tanggal 22 Juni,” harap dia.

Ia menambahkan, berdasarkan laporan panitia, terdapat Bacakades yang tidak menghadiri ujian kepemimpinan. Sehingga, yang bersangkutan bisa dipastikan tidak lolos ke tahap berikutnya dalam Pilkades.

“Tingkat kehadiran saya belum cek, tapi insya Allah tidak sampai 10 orang yang tidak hadir. Jadi, yang tidak hadir nilainya nol,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment