Kontroversi Bantuan Sepeda Motor Bupati Jepara kepada Istri Terduga Teroris, BNPT RI Angkat Bicara

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
Kontroversi Bantuan Sepeda Motor Bupati Jepara kepada Istri Terduga Teroris, BNPT RI Angkat Bicara

Foto: Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT RI Kolonel Czi Rahmat Suhendro, saat berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Jepara. Kamis, 24 Februari 2022.

JEPARA, (WARTA ZONE) – Anggapan Bupati Jepara Dian Kristiandi lebih peduli kepada istri terduga teroris setelah memberikan bantuan kemanusiaan sepeda motor, Selasa (15/2/2022) lalu, mendapatkan tanggapan dari sejumlah kalangan.

Salah satunya datang dari Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT RI) Kolonel Czi Rahmat Suhendro.

Menurut perwira menengah ahli bantuan tempur, konstruksi dan bangun perang tersebut, pemerintah daerah sudah sewajarnya merangkul seluruh elemen bangsa.

“Harus merangkul semuanya, tanpa terkecuali istri terduga teroris agar tidak terpapar oleh kelompok teroris lagi,” ujarnya.

Pihaknya mengaku sepakat atas perhatian yang diberikan Bupati Jepara, hal itu ia sampaikan saat berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Jepara. Kamis, 24 Februari 2022.

Baca Juga:  Berbaur Nyambi Bakar Ikan, Bukti Nyata Bupati Jepara Dekat dengan Warga

“Saya senada dengan pemkab Jepara dalam agenda deradikalisasi. Memang suatu kewajiban pemerintah untuk membantu istri terduga teroris agar tidak terpapar oleh kelompok teroris lagi. Jadi tidak ada yang salah dengan sikap Pemerintah Jepara,” kata Rahmat.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat tidak menjustifikasi bahwasanya istri terduga teroris salah secara total.

“Kan keluarga ini belum tentu tahu apa yang dilakukan oleh suaminya,” jelasnya.

“Nah ini mungkin ada yang salah di masyarakat juga, kurang perhatian kurang kedekatan dengan beberapa orang yang terduga teroris. Kalau kita tidak peduli ya wajar kejadian,” imbuh Rahmat.

Ia kemudian menegaskan bahwa pencegahan terhadap teroris harus dilakukan juga oleh masyarakat. Tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah atau BNPT.

Baca Juga:  Bertemu ASN, Bupati Jepara Selipkan Pesan Edukasi Masyarakat Soal Program Pemerintah

Oleh karena itu, pihaknya berharap semua elemen masyarakat harus saling merapatkan barisan untuk saling membantu untuk mencegah.

“Namanya juga pencegahan, semuanya secara total harus bekerja sama. Tidak ada yang bisa berjalan sendiri,” tegasnya.

Bagaimana dengan persepsi masyarakat yang salah mengerti seolah-olah Bupati lebih peduli dengan istri terduga teroris daripada masyarakat miskin?.

Kolonel Rahmat mengatakan, masyarakat harus diberi edukasi bahwasanya keluarga terduga atau mantan teroris harus menjadi perhatian pemerintah daerah, bukan hanya masyarakat biasa saja.

Sebelumnya, Bupati Jepara Dian Kristiandi memberikan bantuan sepeda motor kepada istri terduga teroris, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga:  Bertemu ASN, Bupati Jepara Selipkan Pesan Edukasi Masyarakat Soal Program Pemerintah

Pada saat pemberian bantuan secara simbolik di ruang kerjanya, Dian Kristiandi mengatakan, bantuan sepeda motor tersebut untuk membantu agar bisa melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya.

Politisi muda PDI Perjuangan yang akrab disapa Mas Andi ini menegaskan bahwa bantuan tersebut murni masalah kemanusiaan.

“Tidak ada maksud lain kecuali membantu agar dia bisa beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya,” katanya, menambahkan. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment