Mall Pelayanan Publik, Atasi Kebutuhan Administrasi Masyarakat Sumenep Secara Cepat

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
Foto: Aktivitas pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Foto: Aktivitas pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Kehadiran Mall Pelayanan Publik (MPP) di Sumenep, Madura, Jawa Timur, berhasil mempermudah akses layanan secara cepat kepada masyarakat untuk mengurus segala persoalan, terutama yang berkaitan dengan administrasi.

Mulai dari mengurus KTP, masalah kesehatan hingga pelayan pembuatan paspor. Selain itu, MPP juga menyediakan pelayanan prioritas yang diperuntukkan untuk lansia, penyandang disabilitas dan ibu hamil.

Mall Pelayanan Publik merupakan implementasi dari tagline ‘Bismillah Melayani’ Bupati Achmad Fauzi dan Nyai Hj Dewi khalifah.

Ditemui usai mengurus KK (Kartu Keluarga) dan Perpanjangan pajak kendaraan, Turmudzi Bahri mengaku sangat terbantu karena hanya dengan datang ke MPP, segala kebutuhan dapat terselesaikan.

Baca Juga:  Polres Sumenep Terjunkan Ribuan Personil Amankan Jalannya Pilkades Serentak

“Ngurus KK tidak perlu ke Dukcapil lagi, ngurus perpanjangan pajak kendaraan tidak perlu ke Samsat, cukup datang ke MPP, segala persoalan selesai,” tuturnya. Rabu (26 Juni 2024).

Untuk diketahui, jumlah layanan dari berbagai instansi yang tergabung di MPP Kabupaten Sumenep terus bertambah setiap tahun.

Pada awal launching tahun 2019 lalu, jumlah layanan di MPP sebanyak 100 jenis. Sedangkan, awal tahun 2024, meningkat 208 layanan dan sekarang menjadi 223 layanan.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, kerja sama dengan sejumlah instansi sudah banyak dijalin. Hal itu, sebagai bukti bahwa Sumenep terus menjalin kolaborasi dan sinergitas dengan instansi lintas sektor.

Baca Juga:  Sidak Pembangunan Gedung Baru DPRD Sumenep, Hamid Ali Munir Minta Pembangunan Dikebut

Menurut Bupati Fauzi, tujuan besarnya adalah untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Semua masyarakat pada dasarnya memang mengharapkan sebuah sistem pelayanan yang mudah dari pemerintah. Maka dari itu, keinginan tersebut harus bisa diwujudkan secara maksimal,” terangnya.

Diharapkan, dengan bertambahnya kerja sama ini membangun pelayanan lebih baik dan lebih lengkap di MPP, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan bisa terpenuhi dengan cepat.

Selain itu, Pemkab Sumenep telah melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (KSB) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS), di ruang Paseban Panembahan Mandaraka Keraton, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Antisipasi Banjir, Kader PDI Perjuangan Sumenep Gotong Royong Bersihkan Sungai

Pemerintah Daerah berkomitmen seluruh pelayanan yang menjadi kebutuhan masyarakat, berpusat di satu titik di MPP, karena itulah, instansi atau lembaga supaya berkoordinasi dan berkolaborasi dalam rangka mengembangkan pelayanan bagi masyarakat.

“Kami merencanakan MPP ini menempati gedung DPRD setelah pembangunan gedung baru DPRD sudah selesai,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment