BPRS Bhakti Sumekar Meriahkan Hari Jadi ke-753 dengan Musabaqah Hifdzil Qur’an Tropi Bupati Sumenep

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
BPRS Bhakti Sumekar Meriahkan Hari Jadi ke-753 dengan Musabaqah Hifdzil Qur’an

Foto: Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Hairil Fajar. (Dok. Istimewa)

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep, BPRS Bhakti Sumekar (BBS) menggelar lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an Tropi Bupati Sumenep 2022.

BBS menggandeng beberapa pihak, di antaranya Dinas Pendidikan (Disdik) dan Kemenag. Lomba hafalan Alquran akan digelar pada tanggal 3 sampai 7 Oktober 2022 bertempat di Pendopo Keraton Sumenep.

Pendaftaran lomba hafalan Al-Quran itu Juz 1 dan 30 tingkat anak-anak dan remaja se-Kabupaten Sumenep itu telah dibuka, terhitung mulai 20 sampai 30 September 2022 nanti, dengan jadwal technical meeting pada 1 Oktober 2022.

Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Hairil Fajar mengungkapkan, salah satu tujuan kegiatan ini untuk membumikan Al-Quran kepada para generasi muda.

Baca Juga:  Pelaku UMKM di Sumenep Ikuti Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Halal, BBS Dorong UMKM Naik Kelas

“Penanaman mental Qur’ani sangat dibutuhkan di era sekarang dalam rangka menyiapkan generasi bangsa yang agamis, scientis dan reformis,” katanya.

Fajar, sapaan akrabnya menjelaskan, zaman sekarang sangat jauh berbeda dengan zaman dulu. Tsunami informasi yang serba cepat kerap ‘mencuri’ waktu para generasi lupa untuk baca Alquran.

Untuk itu, penanaman nilai-nilai Qur’ani dalam jiwa generasi muda diperlukan agar mereka kuat pikirannya dalam membentengi diri dari hal-hal yang bertentangan dengan agama mereka.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuh kembangkan minat dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-Quran pada anak-anak sejak usia ini,” terangnya.

Baca Juga:  Buku Ayo Menabung, Kontribusi Nyata BPRS Bhakti Sumekar Untuk Kemajuan Pendidikan di Sumenep

Tujuan lain dari kegiatan tersebut, BBS ingin menggali potensi dan memberikan apresiasi bagi penghafal Al-Quran.

Fajar menambahkan, lomba itu juga terinspirasi dari mushaf yang ditulis Sultan Abdurrahman.

“Terinspirasi dari mushaf yang ditulis oleh Sultan Abdurrahman Raja Sumenep yang saat ini ada di Museum. Al-Quran sebagai pandangan dan petunjuk bagi umat,” tuturnya.

Melalui Lomba ini, mantan direktur operasional ini berharap akan menjadikan momen bagi anak-anak untuk lebih dekat dengan Al-Quran.

“Karena tempat lomba ini kita adakan di Pendopo Keraton. Sehingga menjadi penerus pemimpin-pemimpin Sumenep yang mencintai Al-Quran,” harapnya.

Untuk mengikuti lomba ini, calon peserta bisa melihat kriteria lomba:

Baca Juga:  Bank BPRS Bhakti Sumekar Gelar Talkshow Sosialisasi Literasi Keuangan, Ini Tujuannya

Kategori Anak Putera/Puteri

Usia 6-12 Tahun
Golongan Juz 1 atau 30
Melampirkan rekomendasi dari sekolah

Kategori Remaja Putera/Puteri

Usia 13-15 Tahun
Golongan Juz 1 sampai 5
Melampirkan rekomendasi sekolah

Bagi para pemenang lomba berhak mendapatkan: piagam untuk semua peserta, penginapan untuk peserta kepulauan (maksimal untuk 2 peserta), snack selama kegiatan, tropi penghargaan + beasiswa untuk juara I, II, III, dan harapan I, II, dan III.

Informasi lebih lanjut pendaftaran bisa menghubungi Dani (081703045105: WhatsApp). Sementara berkas bisa langsung ke Sekretariat Panitia: Kantor Divisi PT BPRS Bhakti Sumekar Jl. Trunojoyo No 137 Sumenep atau juga biswa lewat link http:// bit.ly/3BNoJAP. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment