NasDem Jember Buka Pendaftaran, Calon Bupati Berlatar Anggota DPRD Jatim Rencana Daftar Pertama Besok

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: Ketua DPD Partai NasDem Jember Marsuki, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (30/4/2024) petang.

Foto: Ketua DPD Partai NasDem Jember Marsuki, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (30/4/2024) petang.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Setelah mendapat surat dari DPP Partai NasDem tanggal 25 April 2024 kemarin. DPD Partai NasDem Jember menjalankan perintah untuk membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah jelang Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Pembukaan pendaftaran calon kepala daerah itu dilakukan bertajuk NasDem Memanggil yang berlangsung selama satu minggu.

“Mulai besok tanggal 1-7 Mei 2024, NasDem mulai membuka pendaftaran (Calon Kepala Daerah). Pendaftaran terbuka bagi masyarakat untuk mencalonkan bupati atau wakil bupati, kami tidak ada kriteria khusus. Terbuka bagi semua masyarakat,” kata Ketua DPD Partai NasDem Jember Marsuki saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (30/4/2024) petang.

Baca Juga:  Kades Muda Ini Akui Siap Maju Pilkada Jember 2024

Terkait pendaftaran yang baru dibuka esok hari dan pengumumannya baru disampaikan petang ini, diungkapkan oleh Marsuki, pihaknya mendapat konfirmasi jika sudah ada tokoh Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Muhammad Fawaid, berencana untuk mendaftar pertama.

“Iya kita masih belum tahu langsung, ada kabar-kabar burung saja. Itu (besok) Fawaid rencana mau mendaftar ke NasDem. Hanya info (melalukan konfirmasi) saja,” ungkapnya.

Namun demikian, Kata Marsuki, terkait siapa pun yang akan mendaftar sebagai calon kepala daerah ke partai besutan Surya Paloh itu. Pihaknya tidak memberikan kriteria tertentu.

Baca Juga:  Pilkada Jember, Partai Garuda Deklarasi Duet Gus Fawait-Anang Hermansyah

“Pendaftaran buka dari pukul 8 sampai 4 sore. Dari tanggal 1-7 Mei 2024 saja. Itu untuk mengambil formulir pendaftaran, juga waktu untuk mengembalikan. Kemudian tanggal 8-10 Mei dilanjutkan dengah rapat pleno awalnya untuk wilayah DPD, diteruskan melaporkan daftar nama siapa saja yang sudah mendaftar ke DPW (Jatim), kemudian diteruskan ke DPP,” ulasnya.

“Untuk pendaftaran tidak ada kriteria tertentu, cukup WNI ataupun berasal dari luar Jember tidak apa-apa. Pendaftaran tidak hanya dilakukan lewat DPD, bisa langsung ke DPW maupun ke DPP,” sambungnya.

Baca Juga:  Lantik Pengurus DPC-DPRt NasDem se-Kabupaten Jember, Ketua DPD: Target Rebut Palu DPRD

Terkait dorongan terhadap kader partai, kata Marsuki, tentu juga dilakukan oleh pihaknya.

“Sampai saat ini kita belum ada (memberikan rekomendasi) kepada siapa. Dukungan untuk siapa saja, silahkan mendaftar. Semua kita layani. Untuk calon khusus yang didorong tidak ada. Saya tidak bisa membidik (calon yang akan memberikan dukungan. Tapi kalau dari luar yang membidik saya (mungkin) bisa,” ujarnya setengah berkelakar. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment