Buka Pendaftaran Calon Bupati Jember, PKB Ungkap Bisa Lewat Online

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: DPC PKB Jember saat membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah 2024, bertajuk PKB Memanggil putra-putri terbaik untuk menjadi Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Jember.

Foto: DPC PKB Jember saat membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah 2024, bertajuk PKB Memanggil putra-putri terbaik untuk menjadi Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – DPC PKB Jember membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk ikut dalam kontestasi Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Pendaftaran bagi calon kepala daerah ke partai besutan Muhaimin Iskandar itu dapat dilakukan sejak 22 April 2024 sampai dengan 20 Mei 2024.

“Untuk pendaftaran calon kepala daerah saat ini. Dapat dilakukan secara online sesuai halaman web yang sudah di launching oleh DPP. Yakni di www.sicakada.pkb.id,” kata Ketua DPC PKB Jember Ayub Junaedi saat konferensi pers di kantornya, Senin (22/4/2024).

Terkait syarat bagi calon kepala daerah yang akan mendaftar, lanjut Ayub, pihaknya tidak memberikan syarat tertentu. Bahkan, katanya, meskipun pernah ikut dalam organisasi terlarang ataupun organisasi apapun.

“DPC tidak boleh menolak siapapun yang akan mendaftar. PKB tidak membatasi siapapun untuk mendaftar, asal memenuhi syarat perundang-undangan. wajib WNI yang hak-hak politiknya masih diakui undang-undang,” ujarnya.

Baca Juga:  Kades Muda Ini Akui Siap Maju Pilkada Jember 2024

“Mau eks atau y asalkan punya syarat perundang-undangan itu silahkan. Tapi ranah nanti tetap akan ditentukan di DPP,” imbuhnya.

Terkait pendaftaran, Ayub menambahkan, punya cita-cita, niat betul-betul mengabdi untuk kepentingan dan kebaikan Jember.

“Ketika diterima, tahapan berikutnya ikut UKK (Uji kelayakan kepatutan) minta surat pengantar ke DPC untuk mengikuti proses. Kemudian calon diberikan waktu oleh DPP untuk mengenalkan visi dan misinya kepada konstituen PKB. Nanti desk Pilkada yang punya konsepnya,” ulasnya.

“Jika ada calon yang sudah mendaftar, akan dapat ruang dan waktu, juga difasilitasi di 7 titik dapil untuk menyampaikan visi misinya secara internal. Kita tidak ingin calon kita beli kucing dalam karung. Jadi jelas siapa yang pantas untuk menjadi calon,” imbuhnya.

Baca Juga:  Buka Mata dan Pasang Telinga Jelang Pilkada, Ketua DPC PPP Jember: Baru Satu Calon Bupati yang Merapat

Lebih lanjut Ayub menambahkan, terkait mengusung calon dalam Pilkada 2024 mendatang. PKB diakui tidak bisa mengusung sendiri.

“Karena tidak bisa usung sendiri, maka harus berkoalisi dengan partai lain. Karena kami kan 8 kursi. Sedang syarat minimal kan saat ini masih 10 kursi. Dengan dilakukan komunikasi politik. Komunikasi dengan beberapa partai politik kemarin sudah dilakukan. Komunikasi itu penting, dari komunikasi itu awal kemenangan,” ujarnya.

“Memang tahap awal masih NasDem, PKS, PPP, meskipun secara fisik belum ketemu langsung dengan PPP. Kedua saya (DPC PKB Jember) juga berkomunikasi dengan PDIP, juga dengan partai lain. Tapi untuk penyamaan persepsi. Kami juga memberikan ruang untuk kebijakan partai lain, melalui mekanisme ketentuan partainya masing-masing. Dari situ nanti kita jalan komunikasi, bisa klop tidak,” sambungnya.

Baca Juga:  Bacapres Anis - Gus Muhaimin ke Sumenep, Silaturrahmi Bersama Ulama, Habaib, Nyai dan Warga NU Madura

Ayub juga menambahkan, meskipun baru membuka pendaftaran. Ayub mengungkapkan, jika ada dua calon yang sudah konfirmasi untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.

Namun Ayub masih enggan untuk menyebut nama dua calon yang akan mendaftar dalam waktu dekat itu.

“Pendaftar di Jember akan mendaftar. Informasinya ada dua orang dan waktu dekat, dan mengkonfirmasi ke kami. Tapi belum resmi datang ke sini. Calon itu yang sudah banyak memasang gambar foto (banner) di Jember. Incumbent mau daftar juga boleh, tidak dibeda-bedakan,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment