RSUD Moh Anwar Sumenep Edukasi Orang Tua, Cara Rawat Gigi Anak Sejak Dini

0 Komentar
Reporter : Panji Agira

Foto: Dokter spesialis gigi anak yang bertugas di poli gigi dan mulut RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep, drg. Zainal Arifin, Sp.KGA. (tangkap layar: Youtube RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep/wartazone.com)

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Banyak cara yang dilakukan RSUD dr. H. Moh Anwar (RSUDMA) Sumenep dalam meningkatkan pelayanan, salah satunya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara merawat gigi anak.

Merawat gigi sejatinya bisa dimulai sejak dini, yakni segera setelah gigi susu pertama tumbuh, perawatan pada gigi anak sangat bermanfaat bagi proses pertumbuhan dan perkembangan secara optimal.

Perawatan gigi yang baik dan benar akan membantu anak untuk memiliki gigi yang sehat saat dewasa. Serta dapat mencegah dari ketidak nyamanan akibat gangguan penyakit gigi dan mulut.

Dokter spesialis gigi anak yang bertugas di poli gigi dan mulut RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep, drg. Zainal Arifin, Sp.KGA menyampaikan, gigi manusia ada dua, ada gigi susu dan permanen, gigi susu sendiri dimulai pada usia 6 bulan, biasanya dimulai dari tumbuhnya gigi pada rahang bawah, atas hingga berurutan sampai belakang.

Baca Juga:  RSUD Moh Anwar Sumenep Bersolek, Bersiap Alih Status

“Biasanya usia 2-3 tahun pertumbuhan gigi susunya sudah lengkap,” sebutnya.

Gigi yang sudah lengkap, dianjurkan agar dapat dijaga sejak dini. Karena di usia 2-3 tahun sudah mulai mengenal aneka makanan.

“Kunjungan rutin untuk memeriksa gigi anak, dianjurkan setiap 3 bulan sekali,” imbuhnya.

Lubang pada gigi, kata dokter Zainal, biasanya tidak serta merta langsung besar, dimulai dari bintik putih atau lubang kecil tak kasat mata.

Dari gejala itu, orang tua perlu membiasakan mengajari anak untuk gosok gigi, langkah tersebut dinilai efektif menutup lubang kecil tersebut.

Baca Juga:  RSUD Moh. Anwar Sumenep Pastikan Transparan Seleksi Pegawai BLUD Non ASN

“Jika sampai berlubang, maka harus ditambal. Anjurannya rajin gosok gigi terutama malam hari, hindari juga makanan yang manis-manis,” terangnya.

Gigi dapat rusak, karena makanan manis dan lengket yang menempel di cekungan-cekungan gigi. “Jadi mulai awal tumbuh gigi, anak perlu dibiasakan belajar menggosok gigi,” imbuh dokter Zainal.

Hal senada disampaikan Direktur RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep dr. Erliyati, memberikan edukasi perawatan gigi perlu diberikan para orang tua sejak dini untuk menghindari gigi berlubang atau rusak pada anak.

Baca Juga:  Ramah Difabel, RSUD Moh Anwar Sumenep Sediakan Petunjuk Jalan

Edukasi yang dilakukan RSUDMA lewat Puspa Channel, menjadi salah satu cara rumah sakit pelat merah tersebut hadir untuk memberikan edukasi kepada para orang tua.

“Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengedukasi, bisa secara langsung maupun dengan memanfaatkan platform media sosial, ini bukti kami hadir melayani,” sebutnya. Jumat (3 November 2023). (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment