Jember Dapat Penghargaan Kabupaten Keterbukaan Informasi Publik Terbaik ke-5 di Jatim

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri

Caption: Pemkab Jember mendapat penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Jatim 2023, Senin (4/12/2023) malam.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Kabupaten Jember menyabet lima penghargaan sekaligus dalam perhelatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KI Award) Jawa Timur 2023, Senin (4/12/2023) malam.

Diketahui, penghargaan tersebut atas pencapaian dan didasarkan pada komitmen bupati yang menerbitkan Perbup Nomor 14 Tahun 2022. Tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemkab Jember.

“Terimakasih kasih Pemprov Jatim, Ibu Gubernur dan Wakil Gunernur matursuwun (terimakasih,red). Tentunya ini adalah bagian dari program unggulan yang akan kita luncurkan kedepan untuk jember lebih keren,” kata Hendy saat dikonfirmasi usai mendapatkan penghargaan.

Baca Juga:  PMI Jember Simulasi Penanganan Darurat Bencana Tanah Longsor

Menurut Hendy, penganugerahan kali ini menambah catatan baik Kabupaten Jember dalam memberikan keterbukaan informasi publik.

“Seperti kita tahu, Kabupaten Jember hanya mampu menduduki peringkat ke-38 se-Jatim pada 2020. Lalu, hanya naik satu peringkat (ke-37, Red) pada 2021,” ujarnya

Kemudian, tren kenaikan secara signifikan terjadi di tahun 2022. Jember mampu bertahan pada posisi ke-11 di Jatim. Sebagai wujud dari semakin terbukanya informasi publik di Jember.

Namun demikian, saat ini Kabupaten Jember, mampu menjadi kabupaten dengan keterbukaan informasi publik terbaik ke-5 di wilayah Jawa Timur.

Baca Juga:  Pemkab Jember Ajak Masyarakat Gempur Rokok Ilegal (2)

“Transparansi ini adalah bagian dari keunggulan yang akan kita launchingkan ke depan, tujuannya untuk Jember lebih baik lagi,” ungkapnya.

Untuk mengembangkan PPID di Kabupaten Jember, pihaknya akan mengadakan kegiatan untuk mengapresiasi dan memotivasi para pelaksana OPD, kecamatan, dan kelurahan serta desa.

“Nanti hadiahnya, akan diserahkan secara langsung oleh Bupati Jember pada 12 Desember mendatang,” tutup Hendy.

Perlu diketahui, ada beberapa Pemerintah Desa dan Kecamatan yang mendapatkan penghargaan terkait keterbukaan informasi publik.

Diantaranya, Pemdes Jambe Arum, Kecamatan Puger, dalam hal ini mendapatkan tiga penghargaan sekaligus. Mulai dari peringkat ke-2 dalam kategori Pemerintah Desa paling informatif, kategori mengumumkan tingkat pemerintah desa, hingga Pemdes dengan pelayanan informasi publik terbaik.

Baca Juga:  Tanaman Buah Naga di Puncak Rembangan Rusak, Pemkab Jember Ganti dengan Kelengkeng

Selanjutnya, Pemdes Ampel, Kecamatan Wuluhan, dengan kategori menuju informatif tingkat pemerintah desa.

Kemudian, yang terakhir Kabupaten Jember menyabet kategori informasi Kabupaten/Kota. Yakni, menjadi kabupaten dengan keterbukaan informasi publik terbaik ke-5 di Jatim. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment