Catat Rekor, Aktivis PMII Sumenep Luncurkan Buku Sejarah Pergerakan

0 Komentar
Reporter : Abd Wakid

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Menjadi aktivis kerap diidentikkan dengan stigma lulus tidak tepat waktu di bangku kuliah. Namun tidak begitu untuk salah satu aktivis dari PMII Sumenep ini.

Dia adalah Akh. Fauzi, salah satu kader pergerakan yang aktif di organisasi berlambang kubah terbalik ditaburi bintang sembilan.

Fauzi akrab disapa, mampu mencatat rekor dengan keberhasilannya meluncurkan buku sejarah pergerakan mahasiswa di Sumenep, Jawa Timur, sejak 1999 hingga 2007.

Ia mencatat seputar kelahiran, hingga perjalanan pergerakan mahasiswa dalam bukunya yang berjudul “Napak Tilas Gerakan Mahasiswa : Historiografi PMII Sumenep Tahun 1999-2007.”

Baca Juga:  Satu Keluarga di Sumenep Ditemukan Tewas Membusuk Dalam Rumah

“Buku ini menjadi pelengkap sejarah PMII Sumenep dalam periode 1999 sampai 2007,” ujar Akh. Fauzi, Rabu (14/4/2021).

Dengan lahirnya buku itu, kata dia, juga bisa menjadi pemantik dalam banyak lingkaran diskusi dan membuka kajian serta penelitian lanjutan atas sejarah pergerakan mahasiswa di kabupaten berlambang Kuda Terbang. Sebab, tak sedikit dari kader PMII Bumi Sumekar ini yang memiliki keseriusan untuk melakukan investigasi dan penelitian tentang sejarah PMII.

“Buku ini bukan final, tapi justru awalan dan saya pribadi bangga atas hadirnya buku pertama yang mengungkap tentang sejarah PMII di Kabupaten Sumenep,” akunya.

Baca Juga:  Pemkab Sumenep Larang Masyarakat Mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H

Bagi sarjana muda jurusan matematika ini bukan perkara mudah menerbitkan buku pertamanya itu. Pasalnya, dibutuhkan keseriusan dan ketelitian dalam melakukan investigasi sejarah.

Terakhir, alumnus STKIP PGRI Sumenep ini menegaskan bahwa dirinya membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk mengumpulkan sejumlah fakta sejarah hingga berhasil menerbitkan sebuah buku.

“Semoga buku ini juga bisa menjadi pemacu terbitnya banyak karya lain dari kader-kader PMII khususnya di Sumenep,” harapnya.

Sekadar informasi, Akh. Fauzi melaunching buku pertamanya itu pada (10/4) kemarin di sekretariat PC PMII Sumenep.

Baca Juga:  PD Sumekar Serap 10 Ton Lebih Gabah Lokal, Cara Bupati Sumenep Berdayakan Petani

Usai dilaunching, secara simbolik Fauzi menyerahkan bukunya itu kepada Ketua Mabincab PMII Sumenep, H. Abd. Aziz Nasir disaksikan sejumlah kader PMII lainnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment