Jelang Ramadan, Kades Banbaru Ajak Warga Bersih-bersih Makam

0 Komentar
Reporter : Zainal Arifin
INSPIRATIF: Kepala Desa Banbaru, Zainal saat membersihkan lingkungan pemakaman umum bersama warga (Foto: Zainal Arifin)

INSPIRATIF: Kepala Desa Banbaru, Zainal saat membersihkan lingkungan pemakaman umum bersama warga (Foto: Zainal Arifin)

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Dalam rangka menyambut kehadiran bulan suci ramadan, warga Desa Banbaru, Pulau Giliraja, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, menggelar kegiatan bersih-bersih di lingkungan pemakaman umum.

Giat yang rutin digelar setiap Jumat ini dikomando langsung oleh Kades Zainal bersama masyarakat di Dusun Somor Agung.

Kepala Desa Banbaru, Zainal mengatakan, kegiatan bersih makam desa ini sudah menjadi tradisi menjelang bulan suci ramadan. “Kerja bakti dan gotong royong bersih-bersih makam ini sudah menjadi tradisi menyambut datangnya bulan suci ramadan,” ungkapnya kepada media ini, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga:  Menengok TPA Batuan, Antara Timbunan Sampah dan Ekowisata

“Selain membersihkan dan merapikan rumput-rumput di sekitar makam, kami juga membersihkan makam, hal ini sudah rutin kami lakukan untuk menghormati para leluhur kami,” terang Sigit sapaan akrab Zainal.

Selain kegiatan bersih-bersih, pihaknya juga menggalakkan kegiatan lain di masing-masing rukun tetangga (RT) bersama masing-masing dusun.

Menurut Kades energik ini, kegiatan positif ini akan terus dilanjutkan, karena menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

“Tujuan lainnya adalah untuk membantu masyarakat yang hendak berziarah ke makam agar semakin khidmat, lantaran sudah menjadi budaya warga Desa Banbaru menjelang datangnya bulan suci ramadan,” tegasnya.

Baca Juga:  Pendaftar Musabaqah Hifdzil Qur’an Tropi Bupati Sumenep Membeludak, Capai 453 Peserta

“Warga kami selalu menjaga tradisi ini. Karena mengirim doa untuk para leluhur yang sudah meninggal adalah bagian kewajiban bersama,” pungkas Zainal. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment