Usai Perpanjangan Masa Jabatan, Kades Romben Guna Komitmen Majukan Desa

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
FOTO: Kepala Desa Romben Guna, Yunni Nur Fatjrona, saat foto bersama keluarga usai perpanjangan masa jabatan, di Pendopo Keraton Sumenep.

FOTO: Kepala Desa Romben Guna, Yunni Nur Fatjrona, saat foto bersama keluarga usai perpanjangan masa jabatan, di Pendopo Keraton Sumenep.

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan 300 Kepala Desa se-Kabupaten Sumenep. Kamis (27/06/2024), di Pendopo Keraton Sumenep.

Pengukuhan Kepala Desa merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Kepala desa yang semula menjabat 6 tahun, menjadi 8 tahun atau mendapatkan perpanjangan jabatan 2 tahun terhitung sejak digelar pelantikan.

Ditemui usai acara, Kepala Desa Romben Guna Yunni Nur Fatjrona menyampaikan syukur atas amanah yang diberikan masyarakat untuk memimpin desa sejauh ini.

Baca Juga:  Pemkab Sumenep Gelorakan Nasionalisme Lewat Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter

Komitmen untuk memajukan desa yang dipimpinnya menjadi janji yang tak pernah dilupakan Vera, sapaan akrab Kades perempuan berparas cantik ini.

“Alhamdulillah, dengan perpanjangan jabatan 2 tahun, insya Allah dengan terus bergandeng tangan bersama seluruh elemen, kemajuan desa akan terwujud,” kata dia.

Vera menilai, dengan perpanjangan jabatan 8 tahun, kepala desa bisa lebih luas dalam merencanakan pembangunan di desa.

“Insya Allah 2 tahun masa perpanjangan jabatan ini tidak akan kami sia-siakan, perlahan tapi pasti, pembangunan di desa terus kami lakukan, mulai dari peningkatan SDM hingga pembangunan fisik,” urainya.

FOTO: Kepala Desa Romben Guna, Yunni Nur Fatjrona (tengah), saat foto bersama kepala desa lain usai perpanjangan masa jabatan, di Pendopo Keraton Sumenep.
FOTO: Kepala Desa Romben Guna, Yunni Nur Fatjrona (tengah), saat foto bersama kepala desa lain usai perpanjangan masa jabatan, di Pendopo Keraton Sumenep.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo berpesan, kepala desa dengan perpanjangan masa jabatan dimanfaatkan untuk memperkuat pembangunan di desa.

Baca Juga:  Kukuhkan 74 Santri, Pengasuh Ponpes Nurul Huda Banbaru Beri Wejangan Santri Tidak Lupa pada Guru

Kepala Desa yang mendapat perpanjangan masa jabatan harus meningkatkan kinerja dalam mengabdikan diri memberikan yang terbaik bagi masyarakat, dengan menyukseskan program untuk membangun desa.

“Kepala desa bekerja dengan maksimal untuk melakukan percepatan-percepatan program desa, sehingga masyarakat merasakan kebijakan program pembangunan desa yang menjadi visi dan misinya,” terangnya.

Bupati menyatakan, kepala desa semakin meningkatkan kinerja dan dedikasinya, dalam membangun dan memajukan desa, dengan menggali potensi lokal agar menjadi sumber kekuatan dalam membangun ekonomi desa.

“Kepala desa harus melakukan inovasi dalam memanfaatkan potensi desa supaya  menjadi akar dalam pembangunan ekonomi desa, yang berefek positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sosialisasi Gemar Menabung, Upaya Mahasiswa IST Annuqayah Gerakkan Hemat Sejak Dini

Untuk diketahui, DPR RI telah mengesahkan Revisi Undang-Undang (UU) tentang Desa menjadi UU dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2024) lalu.

Berdasarkan UU tersebut, masa jabatan kepala desa (kades) yang sebelumnya hanya enam tahun, kini menjadi delapan tahun. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment