HUT-102 Pemadam Kebakaran Jember Digelar Sederhana, Sematkan Sederet Harapan

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto : Upacara HUT-102 Pemadam Kebakaran yang dilaksanakan secara daring di Mako Pemerintah Kabupaten Jember.

Foto : Upacara HUT-102 Pemadam Kebakaran yang dilaksanakan secara daring di Mako Pemerintah Kabupaten Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jember menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-102, di Mako Damkar Pemkab Jember secara sederhana.

Kegiatan tersebut dilakukan secara daring, karena saat ini masih di tengah Pandemi Covid-19. Hanya diikuti oleh 6 orang petugas, diantaranya 2 Danru dan 4 anggota petugas damkar.

Namun demikian, Danru Mako A Pemerintah Kabupaten Jember Suharto menuturkan, saat mengikuti peringatan HUT-102 Damkar hanya diikuti oleh 6 orang petugas Damkar.

“Pada saat peringatan upacara HUT yang ke 102, di peringati secara sederhana. Hanya diikuti oleh 6 orang saja. Untuk Regu B tadi karena ikut pelatihan kebakaran di salah satu Mall Jember. Dan posko-posko yang lain sudah menggelar upacara juga,” ucap Danru Mako A Pemkab Jember Suharto, saat dikonfirmasi di Mako Pemkab Jember, Senin (1/3/2021).

Baca Juga:  Sepekan Terakhir, Pembelian Obat Paracetamol di Jember Alami Peningkatan

Karena masih dalam situasi pandemi, maka tidak bisa menggelar upacara bersama.

“Biasanya ada upacara, namun karena situasi pandemi Covid-19 dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan ucapara, maka dilakukan secara daring,” ungkapnya.

Terkait Minimnya APD (Alat Pelindung Diri) pada saat melakukan penyelamatan, Petugas Damkar Kabupaten Jember masih melakukan pengajuan.

“Untuk saat ini, di Kabupaten Jember sangat kurang (minimnya) alat kelengkapannya. APDnya sangat kurang dan sudah banyak yang rusak. Untuk saat ini kami juga masih dalam proses pengajuan. Karena tahun kemarin tidak ada, mudah-mudahan di tahun 2021-2022 ada,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemkab Jember Mulai Lakukan Pemberian Vaksinasi Booster dan Anak 6-11 Tahun

Sehingga dalam menjalankan tugas, pihak damkar harus memakai APD tidak lengkap atau seadanya. Sebagai pelindung kelengkapan ketika bertugas di lapangan.

“Misalnya penanganan berbahaya evakuasi ular, kebakaran, evakuasi cincin, hingga evakuasi rumah tawon, yang sudah menjadi tugas kita,” ucapnya.

Ditanya lebih jauh, pada HUT Damkar khususnya di Kabupaten Jember, Suharto berharap kedepannya untuk Damkar di Kabupaten Jember “Harus memiliki mobil tangga dan penambahan tenaga petugas Damkar yang baru,” katanya.

Dengan banyaknya yang sudah pensiun, nantinya pihak Damkar akan melakukan penambahan personel baru.

Baca Juga:  Pameran Tanaman Bunga Anggrek di Puncak Rembangan, Kepala Disparbud Jember: Potensi Pengembangan Wisata Edukasi

“Karena yang lama sudah banyak yang pensiun, maka nantinya kami akan melakukan penambahan tenaga petugas Damkar. Karena (OPD) Organisasi Perangkat Daerah kami masih di bawah Satpol PP Pemkab Jember,” jelasnya.

Mengingat jumlah anggota saat ini, dirasa kurang, dengan banyak yang sudah pensiun. “Untuk total saat ini seluruh anggota kami jumlahnya 52, dan 2 orang relawan diantaranya yang sudah membantu tugas kami,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment