Gekrafs Jember Janji Kembangkan Potensi Ekonomi Kreatif Hingga Kancah Internasional

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri

Caption: Penyerahan Bendera kepada Ketua DPC Gekrafs Jember, Achmad Fauzi, Selasa (5/12/2023) malam.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Bertempat di salah satu restoran Kompleks Perumahan Argopuro, Kecamatan Kaliwates, Selasa (5/12/2023) malam, DPC Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Jember, resmi dilantik dan diketuai oleh Achmad Fauzi.

Dalam sambutannya, Fauzi menyampaikan, Gekraf Jember akan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Termasuk bersama Pemkab setempat, dalam upaya meningkatkan sektor ekonomi kreatif.

Apalagi, Kabupaten Jember memiliki potensi alam dan ekonomi kreatif yang beragam.

“Kita punya JFC (Jember Fashion Carnaval) yang setiap tahunnya menggetarkan Indonesia. Ada Linkrafin juga mengharumkan nama Indonesia, dengan musiknya yang luar biasa,” ucapnya.

“Selain itu, Jember juga terkenal dengan Kota Cerutu, serta mempunyai landscape alam yang luar biasa. Tentunya itu bisa menjadi potensi sport turism lewat ekonomi kreatifnya,” ulasnya.

Baca Juga:  Pembacokan di Jember Dipicu Salah Paham

Sehingga dengan hadirnya Gekrafs Jember sendiri, kata Fauzi, kedepannya akan siap mendorong ekonomi kreatif di wilayah Kabupaten setempat.

“Pelantikan ini bukan hanya menjadi seremonial saja, tapi kita akan secara konkret bergerak untuk membuat Jember, menjadi barometer atau episentrum ekonomi kreatif di Jawa Timur. Bahkan di Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto melalui Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Sartini menuturkan, Gekrafs Jember harus bangkit dan lebih meningkatkan program dan kinerja organisasinya.

Dalam menjalankan pembangunan dibidang ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Jember.

Baca Juga:  Rumah Seorang Warga di Jember Tersambar Petir, Atap Hancur Berantakan

“Gerakan ekonomi kreatif, sebagai organisasi yang mengembangkan ekosistem Ekraf di Indonesia. Harus mampu berkontribusi positif, terhadap upaya menggerakkan, memajukan perekonomian, khususnya disektor ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Jember,” ujar Sartini.

Sartini menilai, Kabupaten Jember mempunyai potensi ekonomi kreatif yang sangat besar. “Artinya, harus kita kelola dengan baik dan profesional. Serta, menggiatkan sinergitas, kolaborasi, atas segenap elemen, terkait untuk lebih memajukan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Sehingga, pihaknya berharap, wajah ekonomi kreatif di Kabupaten Jember, akan semakin dikenal tidak hanya dikancah nasional, bahkan juga terkenal dikancah internasional.

Baca Juga:  AJI Jember Ambil Sikap, Tolak Pemerasan Berkedok Profesi Wartawan

“Sama seperti yang diucapkan Ketua Gekrafs Jember, kita sudah punya JFC, Linkrafrin, Jember Kota Cerutu, dan sekarang menyusul ekonomi kreatif yang sudah dikukuhkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pemkab Jember sangat mendukung kehadiran Gekraf tersebut. Apalagi dapat bersinergi dengan Dinas dan elemen terkait lainnya.

“Kehadiran Gekraf Jember, harus tampil dengan melakukan perubahan dan perbaikan. Sehingga ekonomi kreatif Kabupaten Jember, bisa bangkit kembali dengan melakukan kreatifitas dan inovasi. Bahkan dapat melahirkan prestasi,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment