Sopir Damkar dan Ambulan di Jember Ikuti Pelatihan Mengemudi

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
PERSIAPAN: Sopir mobil Damkar Jember saat menyiapkan diri mengikuti pelatihan mengemudi di Polda Jatim (Foto: Nur Imatus Safitri)

PERSIAPAN: Sopir mobil Damkar Jember saat menyiapkan diri mengikuti pelatihan mengemudi di Polda Jatim (Foto: Nur Imatus Safitri)

JEMBER, (WARTA ZONE) – Sejumlah sopir pemadam kebakaran (Damkar) dan ambulan di Kabupaten Jember berangkat ke Polda Jawa Timur untuk mengikuti peningkatan kemampuan mengemudi.

Pelatihan itu direncanakan berlangsung selama dua hari, dimulai hari ini, Senin (8/3) hingga Selasa (9/3/2021) besok. Khusus hari ini akan diikuti oleh sopir mobil Damkar, sementara besok akan diikuti sopir ambulan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember.

“Untuk hari ini ada 4 orang sopir atau armada Damkar berangkat ke Polda Jatim untuk mengikuti pelatihan peningkatan mengemudi. Dilanjutkan hari Selasa besok oleh 5 orang sopir ambulan desa yang berangkat,” terang Kanit Dikyasa Satlantas Polres Jember, Iptu Heru Siswanto, saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon, Senin (8/3/2021).

Baca Juga:  Anggota Perguruan Silat di Jember Kembali Bentrok, Lima Diamankan Polisi

Tujuan acara tersebut, lanjut Iptu Heru, untuk meningkatkan kemampuan para sopir dalam mengemudi. Selain itu, untuk memahami sejumlah aturan lalu lintas di jalan.

“Armada Damkar atau mobil ambulan dilindungi oleh Undang-undang, dimana pengemudinya sendiri harus memperhatikan kecepatan dan kemampuannya serta tidak asal-asalan,” tegasnya.

Di Mapolda Jatim, para sopir tersebut akan mendapat materi seputar cara mengemudi yang baik dan benar serta sesuai dengan aturan. Selain itu juga akan dibekali keterampilan baik sebelum mengemudi atau saat menjalankan tugas di lapangan.

Baca Juga:  Grand Carnival of Jember Fashion Carnaval 2022 Dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno

“Agar aman saat menjalankan tugas, memadamkan kebakaran dan mengantarkan pasiennya. Dengan adanya pelatihan itu, diharapkan memberikan manfaat kepada rekan-rekan semuanya,” harap Iptu Heru.

Pelatihan kemampuan dalam mengemudi tersebut hanya dilakukan sehari. Setelah mendapatkan pelatihan di Polda Jatim, seluruh sopir diwajibkan menyampaikan ilmu yang didapat selama pelatihan.

“Hari ini untuk pengemudi (sopir,red) truk Damkar, dan besoknya para pengemudi mobil ambulan. Kan dari semua pengemudi tidak semua diberangkatkan. Jadi nanti setelah mendapatkan ilmu, akan diteruskan ke rekan-rekan yang lain juga,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment