Rapid Tes Antigen di Stasiun KAI Daop 9 Jember Terapkan Tarif Baru Rp 85 Ribu

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: Calon Penumpang pengguna kereta api sedang mengantri untuk melakukan Rapid tes antigen dan Genose C19 di Stasiun Jember.

Foto: Calon Penumpang pengguna kereta api sedang mengantri untuk melakukan Rapid tes antigen dan Genose C19 di Stasiun Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Mulai Jumat 9 April 2021 Tarif Tes Rapid Tes Antigen di wilayah Stasiun PT. KAI Daop 9 Jember menerapkan harga baru menjadi Rp 85 ribu, yang sebelumnya harganya Rp 105 ribu. Hal tersebut menyesuaikan harga layanan Rapid Tes Antigen untuk wilayah PT. KAI Daop 9 Jember.

Vice President KAI Daop 9 Jember Broer Rizal menyampaikan, terkait pemberlakuan tarif untuk calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh, dari Stasiun Jember ke arah timur arah Ketapang, dan ke arah barat Stasiun Surabaya-Gubeng.

“Dengan menggunakan moda transportasi kereta api Mutiara Timur dan Sri Tanjung. Yakni tujuan paling barat ke arah Yogyakarta,” ucap Broer Rizal saat dikonfirmasi di Stasiun Jember, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga:  Lantik Pengurus DPC-DPRt NasDem se-Kabupaten Jember, Ketua DPD: Target Rebut Palu DPRD

Dengan adanya Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kemenhub Nomor 27 Tahun 2021, menjelaskan adanya penyesuaian turunnya harga Rapid Tes Antigen.

“Tentunya untuk calon penumpang pengguna kereta api, masa berlaku hasil Rapid Tes Antigen yakni 3hari sejak dilakukan pengambilan sampel,” lanjutnya.

Untuk calon penumpang kereta api jarak jauh, lanjut Broer, harus dipastikan telah memenuhi persyaratan sesuai dengan aturan pemerintah.

“Jika ada yang melanggar dan tidak memenuhi syarat, dilarang melanjutkan perjalanan. Sementara untuk tiket yang sudah dipesan oleh calon penumpang, akan dibatalkan,” tegasnya.

Baca Juga:  Dharma Wanita Pemkab Jember Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan di Segala Bidang

Broer menegaskan, terkait persyaratan melakukan pemeriksaan Rapid Tes Antigen di stasiun. Calon penumpang KAI harus terlebih dahulu memiliki tiket atau kode booking kereta api jarak jauh. Untuk calon penumpang dapat dipersilahkan memilih menggunakan fasilitas terkait tes sebagai salah satu syarat.

“Calon penumpang kereta api bebas memilih menggunakan tes Covid-19. Yang nantinya akan menggunakan Rapid Tes Antigen atau Genone C19,” ujar Broer.

“Untuk di luaran harga rapid tes masih cukup tinggi, sehingga harga diturunkan dan disesuaikan. Yang nantinya calon penumpang kereta api bisa menyesuaikan dengan kondisi harga yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa layanan kereta api,” jelasnya.

Baca Juga:  DPC IWAPI Resmi Dilantik, Bupati Hendy: Jember Harus Bisa Berpijak dan Mandiri

Rapid tes antigen di wilayah Daop 9 Jember tersedia di 2 stasiun. Yaitu di Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang.

“Ada 4 titik untuk rapid tes antigen, yakni di stasiun Ketapang, stasiun kalistail, stasiun Jember, dan stasiun Probolinggo. Dan untuk rapid tes antigen hanya berlaku 3 hari, untuk Genose berlaku 2 hari saja,” ujarnya.

Hingga saat ini, KAI telah melayani 14.202 peserta Rapid test Antigen di wilayah Stasiun PT. KAI Daop 9 Jember. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment