Pemkab Pamekasan Sigap Respon Bencana Banjir, Pastikan Bantuan Makan Terlayani dengan Baik

0 Komentar
Reporter : Mohammad Fahmi
Foto: Pj Bupati Pamekasan Masrukin, turun langsung untuk memantau kondisi warga yang terdampak banjir di sejumlah daerah akibat kejadian pada Selasa malam, (12 Maret 2024).

Foto: Pj Bupati Pamekasan Masrukin, turun langsung untuk memantau kondisi warga yang terdampak banjir di sejumlah daerah akibat kejadian pada Selasa malam, (12 Maret 2024).

PAMEKASAN, (WARTA ZONE) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dengan sigap merespon bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di daerah tersebut. Selasa (12/3/2024) petang.

Masrukin, Penjabat Bupati Pamekasan, bersama dengan Dhofir, Kalaksa BPBD Pamekasan, Mohammad Yusuf Wibiseno, Kepala Satpol PP dan Damkar Pamekasan, Kepala Dinas Sosial Herman Hidayat, serta sejumlah pejabat lainnya turun langsung meninjau kondisi warga yang terdampak banjir.

Wilayah yang terkena dampak banjir antara lain Kelurahan Patemon, Parteker, Jungcangcang, Gladak Anyar, Barurambat Kota, Kangenan, Jalmak, Desa Laden di Kecamatan Pamekasan, dan beberapa desa di Kecamatan Pademawu.

Baca Juga:  Kegiatan MTQ XXX Kabupaten Pamekasan Resmi Berakhir

Masrukin dan rombongan mengevaluasi langsung aliran sungai yang meluap karena tidak mampu menampung debit air yang tinggi. Bupati juga mengamati rumah-rumah warga yang terendam banjir.

“Ini banjir tahunan kalau intensitas hujan sangat tinggi, ini (hujan,red) mulai subuh dan hampir merata di Pamekasan. Sehingga debit air meluap ditambah wilayah aliran di hilir air laut pasang,” kata Masrukin saat ditemui di lokasi banjir.

Bupati menyampaikan bahwa pihaknya telah memberikan bantuan makanan siap saji kepada para korban banjir, mengingat sulitnya waktu untuk memasak menu buka puasa dan sahur. Dapur umum juga didirikan untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir.

Baca Juga:  Momentum Idul Fitri 1443 H, Kepala Dinas PRKP Pamekasan Ajak Masyarakat Menjadi Lebih Baik

“Karena tidak bisa masak, paling tidak buka puasanya tertangani, dan sahurnya juga tertangani dengan bantuan berupa nasi bungkus yang siap saji. Ini memastikan supaya masyarakat tidak sulit, karena ini bulan ramadan,” tandasnya.

Pemkab Pamekasan juga berkomitmen untuk melakukan mitigasi di beberapa wilayah guna mengatasi dampak bencana banjir. Hujan intensitas tinggi juga menyebabkan beberapa jembatan putus, sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan lebih lanjut.

“Mudah-mudahan segera surut, kita akan mengecek kerugian-kerugian untuk kita bantu semaksimal mungkin. Dan kita sudah laporkan ke BPBD provinsi, dan Pj Gubernur,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment