Waspadai Cuaca Ekstrem

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
Foto: Sat Polairud Polres Sumenep saat memberikan imbauan cuaca ekstrim kepada para nelayan di ujung timur pulau Madura.

Foto: Sat Polairud Polres Sumenep saat memberikan imbauan cuaca ekstrim kepada para nelayan di ujung timur pulau Madura.

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Sat Polairud Polres Sumenep memberikan imbauan mewaspadai cuaca ekstrim kepada para nelayan di ujung timur pulau Madura. Selasa (14/02/2023).

Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir, wilayah Kabupaten Sumenep dilanda cuaca ekstrem dengan hujan deras yang disertai dengan angin kencang.

Sehingga mengakibatkan kuatnya gelombang laut yang dapat membahayakan kapal-kapal yang sedang berlayar.

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, melalui Kasat Polairud Polres Sumenep AKP Totok Niaribono menyampaikan imbauan keselamatan berlayar tersebut menyasar pada nelayan, kapal penumpang, kapal barang serta pengguna jasa maritim lainnya di Kabupaten Sumenep.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrem, 16 Korban KM Berhasil II Ditemukan Selamat, Tiga ABK Masih dalam Pencarian

“Sehubungan dengan cuaca buruk yang melanda wilayah Sumenep beberapa hari ini, kami menekankan lagi pada pengguna jasa laut untuk selalu berhati-hati, terutama bagi nelayan,” kata AKP Totok Niaribono.

Hujan deras yang disertai angin kencang itu, kerap terjadi pada kondisi malam hari hingga pagi hari. Sehingga, nelayan yang melakukan aktivitas malam di laut, untuk selalu menggunakan alat keselamatan dan melihat prakiraan cuaca.

“Kepada nelayan-nelayan, selalu gunakan alat keselamatan seperti life jacket, dan jika kondisi cuaca tidak bagus, sebaiknya tidak turun ke laut,” ucapnya.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrem, 4 Perahu Nelayan Puger Jember Karam Diterjang Ombak

Dalam patroli imbauan keselamatan berlayar tersebut, Kasat Polairud juga memberikan paket sembako kepada nelayan tradisional. Hal itu juga dalam rangka membantu meringankan beban para nelayan.

“Kita berikan juga sembako pada nelayan di pelabuhan Kalianget sembari memberikan imbauan keselamatan. Semoga paket sembako yang kami berikan dapat dimanfaatkan jika nelayan tidak melaut karena cuaca buruk,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment