Ajang Pencarian Bakat Bintang Radio Jember Jaring Kaum Milenial

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri

Foto: Audisi Bintang Radio Jember, yang digelar di ruang Auditorium R.Soemitra RRI Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Melalui even Bintang Radio Jember, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Kabupaten setempat melakukan ajang pencarian bakat bagi para kaum milenial.

Even yang digelar di ruang Auditorium R.Soemitro RRI Jember itu, diikuti oleh 42 peserta. Yakni terdiri dari 19 putra dan 23 putri wilayah tapal kuda. Mulai dari tanggal 14-15 November 2023.

“Bintang radio ini adalah Brandnya RRI sejak dari tahun 1951. Yang jelas kami memberikan wadah, kepada talent-talent. Terutama sasarannya kepada anak-anak muda yang biasa berkreasi,” ucap Kepala RRI Jember Taufan Pamungkas Marhaendra Jaya, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga:  Satlantas Polres Jember Siapkan Pos Penyekatan Larangan Mudik

Untuk persyaratannya kata Taufan, para peserta harus berusia 16-26 tahun. “Artinya, kalau misalnya mereka masih menjadi siswa SMA, hari ini belum berhasil, tahun depan masih bisa ikut lagi,” ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, untuk tahun ini agak sedikit berbeda dari even sebelumnya. Saat ini, karena penyiaran wilayah RRI jangkauannya semakin meluas.

Maka, pihak penyelenggara memberikan kesempatan para peserta yang dari luar Kabupaten Jember (khusus tapal kuda) untuk bisa mengikuti ajang tersebut.

“Ada peserta yang dari Lumajang, kemudian juga ada dari berapa kabupaten lainnya. Walaupun, mereka juga ada kendala seperti waktu. Sehingga mereka tidak hadir, tetapi kami sudah membuka untuk wilayah tapal kuda,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, dari total 42 peserta yang mengikuti ajang audisi Bintang Radio itu. Nantinya akan dipilih 3 terbaik putra dan putri.

Baca Juga:  Pengamen Jaranan di Jember Tewas Terpeleset saat Mandi di Sungai Kaliwates

“Nah nantinya rekaman yang tadi sudah ditampilkan oleh mereka, akan kita kirim ditingkat nasional. Apalagi, di seluruh Indonesia kan ada 72 kantor RRI, jadi tinggal kali 3 jumlahnya, kan sudah banyak pesertanya. Karena dimasing-masing daerah akan diambil satu orang perwakilan untuk tampil di Manado nantinya,” pungkasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, Bambang Rudianto mengatakan, dengan adanya even Bintang Radio itu. Salah satu cara untuk memberikan apresiasi, kepada generasi muda menyalurkan bakat di bidang seni suara.

Baca Juga:  Kasus Dugaan Korupsi di DP3AKB Jember, Terkait Pemotongan Dana Diklat Percepatan Penurunan Stunting

“Saya mendapat kesempatan diundang oleh RRI, dalam acara final Bintang Radio tahun 2023. Malam ini ditampilkan 10 orang terbaik, 5 putra dan 5 putri,” ujarnya.

“Dari semua penampilannya, saya sungguh-sungguh menikmati tampilan mereka. Mulai dari mereka menyanyi dengan vibrasi, pitch kontrolnya, powernya. Ah luar biasa,” takjubnya.

Kata Bambang, para peserta audisi sangat layak untuk maju ke tingkat nasional.

“Saya yakin, dengan dipoles-poles sedikit suaranya insyallah mereka akan lebih mantap lagi,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment