Gubernur Jatim: Terselenggaranya Porprov Harus Bisa Dongkrak Tumbuhnya Ekonomi Daerah

0 Komentar
Reporter : Miftahul Qodril Ramadhan
Gubernur Jatim_ Terselenggaranya Porprov Harus Bisa Dongkrak Tumbuhnya Ekonomi Daerah

Foto: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jember Hendy Siswanto saat meninjau berbagai pameranUMKM Jember, Sabtu (18/6/2022).

JEMBER, (WARTA ZONE) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap even Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII tahun 2022 dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Porprov juga harus menjadi ajang pengungkit pertumbuhan ekonomi daerah. Terutama bagi daerah yang menjadi tuan rumah di empat kabupaten yaitu Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso,” ucap Gubernur Khofifah saat dikonfirmasi sejumlah wartawan disela kegiatan peninjauan pameran UMKM, Sabtu (18/6/2022).

Kata Gubernur, Selain Porprov sebagai ajang pembibitan atlet, disamping itu juga sekaligus pengungkit ekonomi daerah di empat kabupaten yang menjadi tuan rumah.

Baca Juga:  Pemkab Jember Janji Tuntaskan Pengaspalan Ruas Jalan Rusak dalam 6 Bulan

“Di Kabupaten Jember nanti ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan, jadi ada sekitar 15.000 tamu yang akan datang dari luar daerah,” ungkapnya.

Sehingga, hal tersebut sekaligus menjadi momen emas bagi para pelaku UKM di Kabupaten Jember. Yang kemudian bisa memasarkan produk-produknya, dan diyakini menjadi pendongkrak ekonomi para pelaku UMKM.

“Terselenggaranya Porprov harus seiring dengan pertumbuhan ekonomi di daerah. Dimana usaha mikro kecil dan menengah akan menjadi basis dari pendongkrak pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah. Salah satunya Jember,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga mengunjungi Outlet Dekranasda di Jalan Gajah Mada Jember. Sekaligus melihat berbagai kerajinan yang dipamerkan seperti tas kulit, batik, eco-print, lukisan, dan berbagai kerajinan tangan yang dibuat warga Jember.

Baca Juga:  613 ASN di Jember Terima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya

Disela kegiatan kunjungannya itu, tampak Gubernur melihat salah satu produk kerajinan bercorak Australia yang merupakan hasil karya salah satu desa di Jember.

“Saya terkejut karena ada produk yang sudah ada brand -nya. Jadi ada Kanguru dan di situ ada tulisan Australia, artinya bahwa produk itu memang sudah diekspor ke Australia. Saya berharap bahwa desa penghasil produk itu bisa disiapkan menjadi Desa Devisa,” kata Gubernur.

Terpisah, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, pihaknya optimis dengan adanya gelaran even Porprov VII dapat menunjang perputaran perekonomian.

Baca Juga:  Gelar Upacara Hardiknas 2022, Bupati Jember Kenakan Baju Adat Madura

Yakni mulai dari olahraga, pariwisata, dan perekonomian lainnya, terutama di masa Covid-19 yang telah melandai.

“Porprov dapat membangkitkan kembali perekonomian Jember terutama di masa pandemi yang telah melandai. Dalam kolaborasi ini, olahraga dapat, hiburan dapat, ekonomi dapat,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment