Mulai Besok, Uji Coba SSA Kawasan Kampus Jember Berlangsung 24 Jam

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri

Foto: Peta Jalur Uji Coba Sistem Satu Arah di Kawasan Kampus Unej.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Mulai 28 Oktober 2023, uji coba Sistem Satu Arah (SSA) di wilayah sekitaran kampus Universitas Jember (Unej) akan diberlakukan 24 jam.

Diketahui, pemberlakuan itu dilakukan setiap hari dan akan diterapkan untuk melaju satu arah. Mulai dari Jalan Jawa, Kalimatan, Mastrip, hingga Riau.

Sebelumnya, pemberlakuan uji coba itu hanya dilakukan pada dua sesi dalam sehari. Yakni pada pukul 06.00-08.00 WIB dan, pukul 16.00-18.00 WIB.

“Dari hasil evaluasi yang dilakukan bersama Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (Forum LLAJ) Kabupaten Jember, SSA akan lebih efektif saat dilaksanakan selama 24 jam penuh setiap hari pada keempat ruas jalan tersebut,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Agus Wijaya dalam keterangan press release secara tertulis, Jumat (27/10/2023) siang.

Baca Juga:  Jelang Ramadan, Pemkab Jember Antisipasi Kenaikan Harga Sembako

Untuk pemberlakukan uji coba SSA 24 jam penuh itu, akan dilakukan pada besok hari.

“Mulai hari Sabtu, tanggal 28 Oktober 2023 besok, akan dilakukan perluasan uji coba SSA secara penuh 24 jam setiap hari,” ujarnya.

Sedangkan aturan bagi pengendara, lanjut Agus, rutenya masih sama dengan yang sebelumnya.

“Yakni pada ruas Jalan Jawa, Kalimatan, Mastrip, hingga Riau untuk melaju satu ajar. Nantinya, dari hasil uji coba lalu lintas jalur satu arah selama 24 jam ini, akan dilakukan evaluasi secara periodik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Polres Jember Distribusikan Air Bersih Kepada Warga Terdampak Banjir

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember, akan melakukan uji coba sistem satu arah disepanjang Jalan Jawa, Kelurahan dan Kecamatan Sumbersari.

Dalam uji coba lalu lintas untuk pengendara itu, akan dilakukan pada 2 Oktober 2023 mendatang.

Perubahan tersebut, bertujuan untuk mengurangi kemacetan disepanjang Jalan Jawa. Atau yang disebut jalanan daerah sekitaran kampus Unej. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment