Menparekraf Sandiaga Uno Hadir di Sumenep, Ajak Ulama Madura Kembangkan Pariwisata Ekonomi Kreatif

0 Komentar
Reporter : Panji Agira
Menparekraf Sandiaga Uno Hadir di Sumenep, Ajak Ulama Madura Kembangkan Pariwisata Ekonomi Kreatif

Foto: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menjadi pembicara dalam FGD Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Madura Raya, bertempat di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Jumat, 1 April 2022.

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi pembicara dalam Group Discussion (FGD) Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Madura Raya, bertempat di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Jumat, 1 April 2022.

Menparekraf Sandi Uno menyerap masukan dari para kiai dan ulama yang tergabung dalam Badan Silaturahmi Ulama Pesantren Madura (Bassra) tentang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Masukan dari para kiai dan ulama Madura, kata Sandi, akan dirancang sebagai tatanan ekonomi baru pascapandemi untuk membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Baca Juga:  Kukuhkan 74 Santri, Pengasuh Ponpes Nurul Huda Banbaru Beri Wejangan Santri Tidak Lupa pada Guru

“Di pulau Madura ini, kedepannya akan fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang islami, indonesiawi dan madurawi,” terangnya.

Untuk pariwisata halal di pulau Madura, akan diarahkan kepada pariwisata religi, kesehatan dan rangkaian event guna mendorong terciptanya lapangan kerja.

“Urusan wisata halal jika dilihat, yang paling berpotensi ya di Madura ini, pasarnya sudah ada. Setiap tahun ada 11 miliar USD, karena dua juta masyarakat Indonesia yang berwisata religi di luar negeri. Jadi ini yang kami harapkan akan berwisata di Madura,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca Juga:  Lobuk Jadi Desa Mandiri, Sumenep Bebas dari Desa Tertinggal

Jika angka paparan Covid-19 semakin baik, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan relaksasi agar pariwisara segera bangkit optimal.

Secara khusus, Menparekraf Sandi berjanji akan memberikan atensi peningkatan aksesabilitas terhadap wisata oksigen Gili Iyang.

Akses penerbangan akan dihidupkan, termasuk dibangun home stay yang dikelola swasta agar ada penginapan yang nyaman untuk wisatawan.

“Berwisata di Gili Iyang, nantinya masyarakat harus merasakan seperti di Mandalika, di sana bisa jadi pariwisata berbasis olahraga,” janjinya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment