Mengenal Vaksin Sinovac Biotech, Ini Kata dr Angga Madro Raharjo

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: Dokter spesialis paru di Jember, dr. Angga Madro Rahardjo.

Foto: Dokter spesialis paru di Jember, dr. Angga Madro Rahardjo.

JEMBER, (WARTA ZONE) — Vaksin COVID-19 (Sinovac Biotect) direncanakan pemerintah RI akan didistribusikan bulan Januari 2021 ini. Vaksin ini dinilai akan berdampak baik melawan virus corona.

Dari rencana awal pemerintah, sebelum masyarakat kembali beraktivitas normal seperti biasanya, mereka akan diberikan vaksin terlebih dahulu. Seluruh provinsi yang ada di NKRI dipastikan akan menerima vaksin ini.

Menanggapi hal itu, dokter spesialis paru di Jember, dr. Angga Madro Rahardjo mengatakan, dirinya masih belum bisa memastikan apakah akan efektif atau tidak.

Baca Juga:  Sosialisasi Tindak Pidana Gratifikasi, Cara Pemkab Sumenep Selamatkan Birokrasi

“Untuk Negara Indonesia mendapat bagian Vaksin Covid-19 Sinovac Biotech. Tentang Sinovac efektif atau tidaknya masih tetap berjalan,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (2/1/2021) .

Menurutnya, pemberian vaksin sifatnya tidak menyembuhkan, akan tetapi berguna untuk memberikan penguatan terhadap tubuh dalam melawan virus corona.

“Paling tidak jika tubuh kita mendapatkan vaksin, maka bisa mendeteksi atau membentuk anti bodi sendiri jika ada benda asing yang masuk,” tegasnya.

Ia menilai, banyak orang yang mengalami sakit di samping memang tidak mematuhi protokol kesehatan juga karena imun tubuhnya lemah.

Baca Juga:  Miniatur Masjid dari Ribuan Botol Plastik Bekas, Jadi Pajangan Lobi Hotel di Jember

“Dengan vaksin COVID-19, secara tidak langsung bisa menjadi penguat terhadap tubuh kita dalam membentuk respon anti body imun untuk melawan COVID-19,” jelas dr. Angga.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan. “Protokol kesehatan (prokes) harus tetap dijalankan, paling tidak kita harus mematuhi aturan mengenai 3M. Contohnya yang sering kita lakukan setiap hari dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker,” harapnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment