BPRS Bhakti Sumekar Luncurkan Program Berani Simpel, Berikut Sederet Manfaatnya

0 Komentar
Reporter : Panji Agira

Foto: Penandatanganan kerjasama antara Bank BPRS Bhakti Sumekar dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Kementrian Agama (Kemenag) Sumenep dan UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Cabang Sumenep.

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Bank BPRS Bhakti Sumekar Sumenep meluncurkan program Berani Simpel ‘Bismillah Gerakan Melayani Simpanan Pelajar’.

Program tersebut bertujuan untuk mendidik siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan demi masa depan.

Program ini mendorong para pelajar yang ada di Kabupaten Sumenep memiliki satu rekening bernama Tabungan simpel.

Direktur Utama Bank BPRS Bhakti Sumekar Hairil Fajar mengatakan, program Berani Simpel merupakan program yang digagas dan diinisiasi oleh Bupati Sumenep dengan tujuan mendorong gerakan satu rekening satu pelajar.

Produk Berani Simpel sendiri bukan hanya inovasi dalam pengembangan layanan perbankan kepada kalangan pelajar, namun sejatinya sebagai salah satu wujud komitmen BPRS Bhakti Sumekar, untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Kabupaten Sumenep.

Baca Juga:  Karam Diduga Menabrak Tiang RIG Pengeboran HCML, Dua Penumpang KLM Putri Kuning Belum Ditemukan

Melalui program tersebut, pelajar dapat menabung paling sedikit Rp1000 dari uang saku atau sisa uang jajan.

Untuk mensukseskan program tersebut BPRS akan hadir ke sekolah sekolah guna mensosialisasikan program berani simpel ini, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA sederajat.

“Pembukaan tabungan simpel hanya dikenakan biaya lima ribu rupiah, tabungan ini akan dilayani di semua sekolah baik daratan atau kepulauan,” jelasnya.

Menurutnya, yang paling penting dari program tersebut ialah adanya upaya dan keinginan untuk mendorong generasi muda, khususnya pelajar di Sumenep agar tidak konsumtif. Sebab, tak sedikit para pelajar terutama tingkat SMA yang sudah gemar membeli sesuatu lewat e-commerce.

Baca Juga:  Pastikan Keamanan Malam Natal di Gresik, Ratusan Personel Gabungan Disiagakan

“Tujuannya cuma satu, bagaimana pelajar-pelajar kita itu memiliki keinginan untuk menabung dan budaya menabung itu harus kita dorong di era digitalisasi saat ini,” urainya.

Diakui Fajar, era saat ini konsumtifnya lebih mudah karena ada di gadget. “Mereka bisa beli online dan sebagainya, dan ini yang pada akhirnya harus kita antisipasi, agar generasi muda kita tidak terlalu konsumtif, paling tidak dengan adanya Berani Simple ini mindsetnya berfikir untuk menabung,” imbuhnya.

Sekedar informasi, dasar ketentuan program Berani Simpel meliputi, Keputusan Presiden nomor 26 tahun 2019 tentang hari Indonesia menabung dan dalam rangka penguatan satu rekening satu pelajar (Kejar).

Baca Juga:  Gandeng Jateng dan Bali, Polda Jatim Siapkan Titik Pos di Perbatasan

Kemudian, POJK 03 tahun 2023 tentang peningkatan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi konsumen & masyarakat, dan Disposisi Bupati Sumenep nomor 2476 tanggal 21 September tentang Program Berani Simpel.

Program ini diresmikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo di Ruang Rapat Graha Arya Wiraraja, Rabu (11 Oktober 2023).

Peresmian program ditandai dengan penandatanganan Kerjasama Bank BPRS Bhakti Sumekar, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Kementrian Agama (Kemenag) Sumenep dan UPT Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kabupaten Sumenep. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment