PMI Jember Jamin Ketersediaan Stok Darah Jelang Ramadan

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: Rapat koordinasi pengurus PMI Kabupaten Jember.

Foto: Rapat koordinasi pengurus PMI Kabupaten Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjamin ketersediaan dan kestabilan stok darah menjelang pelaksanaan ibadah suci ramadan tahun ini.

Kepastian itu disampaikan saat rapat koordinasi bersama PMI jejaring Kota Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Lumajang, dan Probolinggo.

“Tujuannya dalam koordinasi PMI jejaring ini, agar kesulitan pada tingkat-tingkat daerah bisa teratasi oleh jejaring, baik dari ketersediaan stok darah,” ucap Ketua PMI Kabupaten Jember, Zaenal Marzuki, Rabu (7/4/2021).

Tak hanya kebutuhan darah untuk pasien yang menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) saja, relawan PMI juga akan selalu siaga dan secepatnya bergerak jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk tugas kebencanaan.

Baca Juga:  Perwakilan Kedi Lapangan Golf Glantangan Datangi Pendapa Wahyawibawagraha, Ini Alasannya

“Bukan hanya di Jember, kita juga siap membantu PMI yang ada di wilayah jejaring baik itu ketersediaan darah maupun kebencanaan. Jadi jangan sampai terjadi kekurangan stok darah,” tegasnya.

Saat memasuki bulan suci ramadan, pelaksanaan donor darah akan dilakukan malam hari usai salat tarawih. Hingga kini telah ada 22 kecamatan di Jember yang siap untuk melaksanaan donor darah sebagai antisipasi meningkatnya permintaan darah saat bulan suci ramadan tiba.

“Juga dalam rangka untuk mempersiapkan kebutuhan donor darah saat idul fitri, karena waktu idul fitri ini biasanya tidak ada yang mendonorkan darah,” ucap Zaenal.

Baca Juga:  Kasus Pembunuhan Warga Mayang Jember Berlanjut, Polisi Periksa 7 Saksi

“Dan biasanya kebutuhan darah itu juga meningkat, makanya kita harus melakukan persiapan mulai dari sekarang,” imbuh dia.

Nanti pada saat bulan suci ramadan, PMI Kabupaten Jember setiap malam akan mendatangi kecamatan-kecamatan untuk menyiapkan pelaksanaan donor darah. “Sehingga jika ada pasien yang akan mendonorkan darahnya, kami pun sudah siap menampung,” tutup Zaenal. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment